Listrik di rumah mengalami gangguan? Segera laporkan ke call center PLN 24 jam. Di bawah akan jelaskan beberapa saluran yang bisa kamu hubungi.
Hidup tanpa listrik di era sekarang rasanya seperti sayur tanpa garam.
Listrik punya peran krusial dalam bagi banyak orang untuk menunjang kehidupan sehari-hari.
Maka tidak heran, bila listrik mengalami gangguan otomatis sendi-sendi kehidupan juga akan terganggu.
Nah, bila pada saat ini di rumah terjadi gangguan listrik, lekaslah melapor kepada pihak Perusahaan Listrik Negara atau PLN.
Agar keluhanmu segera terselesaikan dan listrik di rumah kembali berjalan normal.
Berangkat dari uraian di atas, artikel ini secara khusus akan menyebut beberapa saluran media atau call center PLN 24 yang bisa kamu hubungi jika ada gangguan listrik.
Tak usah berlama-lama langsung lihat ulasan selengkapnya di bawah ini!
Call Center PLN 24 Jam dan Saluran Media untuk Mengajukan Pengaduan Listrik
1. Telepon
Call center PLN 24 jam bisa dihubungi lewat nomor (kode area) 123.
Caranya mudah, semisal kamu tinggal di daerah Bandung maka kode area yang dipakai adalah 022…
Sehingga nomor yang bisa kamu hubungi untuk mengajukan pengaduan adalah 022123.
Akan tetapi, sebelum hendak menghubungi nomor di atas, pastikan kamu mempunyai pulsa terlebih dulu karena layanan telepon dari PLN tidak gratis.
2. WhatsApp
Selain via telepon, kamu juga bisa mengajukan pengaduan lewat aplikasi pesan cepat WhatsApp.
Melansir laman resmi PLN, nomor WA pihak PLN yang bisa kamu hubungi adalah: 123.
3. Media Sosial
Tak bisa menghubungi call center PLN 24 jam untuk mengajukan keluhan? Tenang, kamu bisa komplain melalui media sosial PLN.
Beberapa media sosial PLN itu, antara lain:
- Twitter: @pln_123
- Facebook: PLN 123
- Instagram: pln123_official
Kemudian PLN menyediakan alamat email yang dapat dimanfaatkan untuk bertanya banyak hal, termasuk pengajuan komplain.
Berikut alamat email tersebut: pln123@pln.co.id
4. Aplikasi
Lalu terakhir, media yang bisa kamu pakai untuk mengajukan pengaduan yakni lewat aplikasi bernama PLN Mobile.
Aplikasi ini sudah tersedia di Play Store dan App Store.
“PLN Mobile menyediakan fitur pengaduan yang dilengkapi fitur Auto Dispatch, sehingga mempermudah penerusan dan monitor laporan langsung ke petugas teknis terdekat yang tersedia (berlaku di beberapa lokasi). Selain itu, aplikasi ini dapat memberikan notifikasi terkait kejadian padam di sekitar lokasi maupun rumah Anda, termasuk ketika listrik sudah kembali menyala,” tulis PLN di play.google.com.
Jika kamu sudah mengunduh dan memasang aplikasi PLN di ponsel pintar, selain bisa mengajukan pengaduan, ada beberapa fitur lain yang dapat dicoba, seperti:
- Pembayaran listrik;
- Pelaporan Catat Meter Mandiri (SwaCAM)
- Pengajuan layanan listrik dan lain-lain.
Gangguan Listrik yang Sering Terjadi
Kamu sudah tahu saluran yang bisa dipakai untuk menghubungi PLN ketika mengajukan pengaduan, termasuk call center PLN 24.
Lalu, apa saja kira-kira gangguan listrik yang umum terjadi?
- Gangguan sumber listrik atau power failure karena matinya sumber listrik utama (pusat).
- Tegangan listrik turun tiba-tiba atau power SAG.
- Voltase naik di atas 100%, biasanya karena sambaran petir.
- Frekuensi listrik yang tidak stabil.
***
Itulah beberapa saluran atau call center PLN 24 jam yang bisa kamu hubungi untuk melakukan komplain perihal listrik di rumah.
Semoga bermanfaat, Sahabat 99.
Nantikan informasi menarik lainnya di Berita 99.co Indonesia.
Grahawangi City View dapat jadi opsi tepat jika kamu sedang berburu rumah terjangkau di daerah Bandung.
Tertarik? Informasi lebih lanjut, silakan lihat di www.99.co/id dan rumah123.com, karena kami selalu #AdaBuatKamu.
Cek sekarang juga!