Ketahui cara berhenti berlangganan IndiHome pada artikel ini. Ada syarat dan prosedur yang mesti dilengkapi, lo. Yuk, simak sampai selesai!
Cara berhenti berlangganan IndiHome itu bisa dikatakan susah-susah gampang.
Namun, asalkan kamu tahu kiat-kiat dan syarat lengkapnya, proses yang satu ini bisa dilakukan dengan mudah.
Nah, artikel ini akan mencoba memberikan gambaran umum cara berhenti langganan IndiHome.
Ada 4 cara untuk berhenti langganan IndiHome:
- Mengajukan pemutusan berlangganan langsung ke Plasa Telkom terdekat
- Melalui call center di 147
- Via media sosial IndiHome
- Lewat Aplikasi My IndiHome
Prinsipnya, keempat cara cara memutus Indihome tersebut sama saja.
Semua cara tersebut selengkapnya akan dipaparkan pada poin di bawah ini!
Syarat dan Ketentuan Berhenti Langganan Indihome
Berikut beberapa syarat dan ketentuan perihal pengakhiran kontrak berlangganan dikutip laman indihome.co.id dan berbagai sumber lainnya:
- Telkom dapat secara pihak mengakhiri kontrak berlangganan karena pelanggan melanggar kontrak berlangganan, pelanggan meninggal dunia, tidak cakap hukum, atau Telkom tak bisa menjadi alat penyelenggara layanan di wilayah atau lokasi instalasi.
- Pelanggan yang memutuskan untuk berhenti berlangganan IndiHome sebelum masa kontrak habis, maka kamu akan dibebankan denda sebesa Rp 1 juta.
- Kemudian, pelanggan bisa mengakhiri kontrak berlangganan atau berhenti langganan IndiHome terlebih dulu, selambat-lambatnya 14 hari kerja.
- Sebelum mengakhiri kontrak atau cara putus IndiHome, pelanggan sebelumnya harus tetap bertanggung jawab dengan melunasi seluruh tagihan, tunggakan biaya layanan IndiHome, denda keterlambatan, dan denda pengakhiran (jika ada) kepada pihak Telkom.
- Pelanggan wajib mengembalikan perangkat yang diberikan IndiHome seperti router dan perangkat STB saat berhenti berlangganan IndiHome.
4 Cara Berhenti Berlangganan IndiHome
1. Cara Berhenti Berlangganan IndiHome lewat Plasa Telkom Terdekat
Pasalnya, di sana kamu akan mendapatkan informasi lengkap dari pihak customer service.
Sekadar usul, sebelum mengajukan pemberhentian ada baiknya kamu mendatangi dulu Plasa Telkom.
Tujuannya untuk menanyakan syarat yang harus dibawa bila ingin berhenti berlangganan.
Soalnya jika kamu langsung mendatangi Plasa Telkom, mungkin saja ada syarat yang tak sempat dibawa.
Nah, umumnya syarat berhenti berlangganan IndiHome di Plasa Telkom adalah sebagai berikut:
- Membawa kartu identitas pengenal pemilik dari layanan IndiHome (KTP, SIM, atau kartu pelajar)
- Bila bukan pemiliknya, diharuskan membawa surat kuasa yang sudah ditanda tangani menggunakan materai, beserta kartu identitas kedua pihak; pemilik dan yang mengajukan pencabutan.
- Tak memiliki tunggakan (harus menyelesaikan tagihan bulan berjalan)*
- Membawa perangkat modem untuk dikembalikan
- Mengisi formulir pemberhentian berlangganan
*) Perihal teknis pembayaran dan tunggakan, informasi selengkapnya dapat kamu tanyakan ke pihak CS.
Syarat dan cara berhenti langganan IndiHome di atas adalah gambaran besar dari proses yang harus dilalui.
Informasi pastinya akan diperoleh setelah kamu langsung bertanya ke Plasa Telkom terdekat.
2. Cara Berhenti Berlangganan IndiHome melalui Call Center 147
Capek Wi-fi IndiHome lemot?
Coba saja cara berhenti berlangganan IndiHome dengan menghubungi call center.
IndiHome mempunyai layanan call center yang bisa dihubungi lewat nomor 147.
- Pertama, silakan menghubungi nomor 147 beserta kode area. Misalnya, untuk area Bandung, nomor yang dihubungi ialah 022-147.
- Bila sudah menghubungi call center tersebut, kamu akan ditanya dan diarahkan untuk melengkapi syarat dan prosedur yang berlaku.
Sebagai catatan, kamu harus menyiapkan pulsa jika menghubungi 147 karena terdapat tarif menelpon 1.000/menit.
Makanya, sebelum menghubungi call center untuk pemutusan IndiHome, pastikan pulsa yang dimiliki cukup, ya.
3. Cara Berhenti Berlangganan IndiHome lewat Media Sosial
Cara menonaktifkan IndiHome berikut terbilang mudah. Kamu tinggal mengirim pesan ke Facebook atau direct message ke Twitter atau X IndiHome.
Akun media sosialnya itu adalah sebagai berikut:
- Akun fanspage Facebook: IndiHome
- Akun Twitter atau X: @indiHome
- Tulis pesan atau direct message lewat dua media sosial yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa kamu ingin berhenti langganan IndiHome.
- CS akan langsung membalas dengan memberikan berbagai pertanyaan yang mesti dijawab, yakni seputar syarat yang harus dipenuhi.
Syarat-syaratnya adalah
- nomor internet,
- nomor identitas,
- nomor HP,
- nomor kartu keluarga,
- capture kartu identitas, dan
- alasan berhenti.
Setelah menjawab pertanyaan dan persyaratan, selanjutnya pihak CS akan menindaklanjuti.
Pada dasarnya, ulasan di atas menjelaskan cara berhenti langganan IndiHome tanpa bayar.
Namun, karena sistemnya langganan IndiHome pascabayar, pelanggan harus membayar sisa penggunaan di bulan yang sedang berjalan.
4. Cara Berhenti Berlangganan IndiHome lewat Aplikasi
Terakhir, kamu bisa memutuskan untuk berhenti berlangganan IndiHome melalui aplikasi My IndiHome.
Berikut kiat-kiatnya:
- Pertama, pastikan kamu sudah memasang aplikasi My IndiHome di ponsel pintar.
- Setelah itu, silakan masuk ke dalam aplikasi tersebut.
- Jika sudah masuk ke dalam aplikasi, klik menu “bantuan” pada laman awal aplikasi.
- Berikutnya, klik opsi “Indita”.
- Nantinya kamu akan langsung diarahkan menuju customer service.
- Tulis pesan yang menjelaskan jika kamu meminta untuk berhenti langganan IndiHome.
- Kamu hanya perlu menunggu respons dari Indita.
Namun sebagai catatan, cara di atas terkadang tidak menyelesaikan masalah.
Lebih baik, langsung datang ke Plasa Telkom atau hubungi CS serta media sosial untuk berhenti langganan IndiHome.
Cara Berhenti Langganan IndiHome Tanpa Bayar
Semua metode di atas ialah cara berhenti indiHome dengan tidak membayar.
Sebab, IndiHome pada dasarnya tidak membebankan biaya saat ada pelanggan yang berhenti berlangganan.
Namun, bila pelanggan yang berhenti berlangganan di bawah masa kontrak (biasa di bawah 1 tahun), konsumen tersebut akan dikenakan denda.
Selain itu, pelanggan yang belum membayar tagihan pun akan diharuskan untuk melunasi tagihannya terlebih dulu.
FAQ
Apakah ada biaya pemutusan IndiHome?
Menurut lama resminya, pelanggan akan dibebankan denda pengakhiran sebesar Rp1 juta.
Denda tersebut dikenakan bila pelanggan memutus untuk berhenti berlangganan IndiHome atau kontrak berlangganan berakhir karena kesalahan pelanggan dalam waktu 12 bulan pertama.Â
Bagaimana jika ingin berhenti berlangganan IndiHome?
Jika ingin berhenti berlangganan IndiHome pelanggan bisa
- menghubungi call center 147,
- mendatangi Plasa Telkom, atau
- menghubungi media sosial IndiHome.
***
Itulah beberapa cara berhenti langganan IndiHome
Semoga membantu, Property People.
Ikuti terus informasi menarik lainnya di Berita.99.co.
Juga jangan lupa untuk mengikuti Google News dari Berita 99.co agar mendapat informasi terbaru.
Menemukan rekomendasi listing terbaik dan terlengkap di www.99.co/id #segampangitu.
Buktikan sekarang juga!