Kira-kira, sampai kapan nih Sahabat 99 berpikir akan mengandalkan gaji sebagai sumber utama pemasukan? Meski masih berstatus mahasiswa, nampaknya Sahabat 99 harus merancang bisnis plan dari sekarang sebagai sumber utama pemasukan di masa depan.
Apa itu bisnis plan?
Bisnis plan adalah sebuah rancangan bisnis yang kamu tulis, mulai dari perencanaan awal, proses bisnis berjalan, hingga cara menyukseskan bisnis tersebut.
Di dalamnya juga memuat solusi yang kamu siapkan ketika ada kendala.
Meski kedengarannya mudah, tetapi membuat bisnis plan tidak bisa sembarangan, karena menyangkut modal yang diinvestasikan, baik itu uang, waktu, dan tenaga.
Bisnis plan sangat penting untuk menjabarkan bisnis secara jelas dan mengetahui strategi yang dijalankan.
Selain sebagai peta dalam memulai bisnis, bisnis plan juga penting untuk menarik minat investor.
Investor perlu mengetahui bagaimana strategi bisnis yang kamu jalankan dapat berkembang.
Ada banyak contoh bisnis plan, baik untuk kamu yang masih mahasiswa atau yang sudah mulai bekerja.
Nah, kali ini, 99.co Indonesia akan membagikan sejumlah tips dan contoh business plan yang dapat kamu coba.
Yuk, simak dan praktikkan!
Cara Membuat Bisnis Plan
Ada beberapa poin yang perlu kamu perhatikan dalam membuat bisnis plan.
Rencana bisnis harus memuat perencanaan dari hulu hingga hilir.
1. Penjelasan Singkat Bisnis Plan
Di bagian ini, kamu menjelasakan secara singkat mengenai visi dan misi bisnis.
Kamu juga harus menjelaskan produk atau jasa apa yang akan kamu tawarkan kepada konsumen.
2. Latar Belakang Business Plan
Di bagian ini, kamu harus menjelaskan alasan kamu membuat bisnis tersebut
Bagian ini penting, baik untuk sebuah bisnis besar atau usaha kecil dengan modal minim.
Beberapa hal yang harus kamu jelaskan di antaranya adalah
- peluang yang kamu lihat,
- orang-orang yang terlibat dalam bisnis tersebut,
- daftar konsultan,
- struktur organisasi,.
3. Analisis Produksi Bisnis
Pada bagian ini, kamu menjelaskan sistem operasi bisnis dari awal sampai akhir.
Misalnya, kamu ingin memulai bisnis kedai kopi.
Kamu bisa membeberkan rencana berikut ini:
- Sumber pasokan biji kopi.
- Mesin yang digunakan untuk mengolah biji kopi.
- Varian menu apa yang ditawarkan kepada konsumen.
- Harga setiap produk.
- Layanan lain, semisal menyediakan jasa antar atau tidak.
4. Tenaga Kerja
Tenaga kerja juga menjadi salah satu investasi terpenting dalam sebuah bisnis.
Dalam bisnis plan, kamu juga perlu menjelaskan mengenai tenaga kerja yang bekerja sama dengan kamu.
Jelaskan juga pada bidang apa mereka bekerja dan apakah mereka memenuhi kompetensi yang dibutuhkan.
5. Analisis Pemasaran dalam Bisnis Plan
Pada bagian ini, kamu menjelaskan cara memasarkan produk.
Beberapa poin penting di antaranya adalah tren pasar yang berkembang, mangsa pasar yang ditargetkan, hingga cara mencapai target penjualan.
6. Analisis Keuangan
Tujuan menjalankan bisnis adalah meraup keuntungan.
Maka dari itu, kamu perlu teliti dalam memeriksa keuangan.
Kamu perlu memaparkan berapa jumlah investasi yang masuk dan sumber dananya.
Kemudian, paparkanlah penghitungan pemasukan dan pengeluaran dari bisnis tersebut.
Setelah itu, jelaskan bagaimana pengembalian investasi kepada investor dalam proposal bisnis.
Kalau memulainya dengan modal sendiri, tulislah bagaimana kamu bisa balik modal dan mendapat keuntungan.
7. Pengembangan Business Plan
Dalam bisnis plan, kamu juga perlu memperhitungkan cara agar bisnis kamu berkembang.
Hal ini penting, terutama untuk kamu yang mencari modal dari investor.
Investor akan melihat keseriusan kamu untuk mengembangkan bisnis.
8. Risiko Bisnis
Tidak ada bisnis yang nihil risiko.
Semua proses dari operasional, distribusi, hingga produksi pasti akan ada risiko.
Kamu harus menjelaskan semua risiko dan strategi menangani risiko dalam rancangan business plan.
Contoh Bisnis Plan Sederhana untuk Mahasiswa
Untuk kamu yang masih berkuliah dan ingin menambah penghasilan, bisa mulai membuat business plan dari sekarang.
Berikut adalah contoh business plan sederhana yang bisa kamu ikuti.
I. LATAR BELAKANG
Dimsum merupakan salah satu makanan yang populer dalam waktu beberapa tahun ke belakang.
Berbagai kedai dan kafe yang menjual dimsum, mulai dari level kaki lima hingga restoran pun menjamur di banyak kota.
Rasa yang gurih ditambah rasa pedas yang unik dari sambalnya menjadi daya tarik makanan asal China ini.
Makanan ini sangat nikmat dinikmati sebagai hidangan utama atau camilan saat bekerja dan nongkrong.
Dengan tingginya animo masyarakat akan makanan ini, tentu dimsum akan selalu dicari dan berpotensi menghasilkan penjualan tinggi.
Struktur Organisasi
Nama usaha: Dimsum Koko
Bidang Usaha: Kuliner
Nama produk : Dimsum Koko
Alamat : Jalan Suka-suka Nomor 777, Bandung.
Visi dan Misi Bisnis
Visi: Menjadikan Dimsun Koko sebagai pilihan pecinta kuliner yang mencari dimsum yang lezat dengan harga murah.
Misi:
- Menghasilkan dimsum dengan rasa lezat yang terbuat dari bahan halal.
- Berinovasi membuat dimsum yang berbeda dari dimsum lainnya.
II. TUJUAN
Pemilihan usaha jenis ini memiliki tujuan :
- Mendapatkan laba
- Menghadirkan dimsum dengan cita rasa khas.
- Mencapai target penjualan
III. KEUNGGULAN PRODUK
Produk dimsum ini memiliki keunggulan, di antaranya adalah:
- Rasa lezat.
- Higienis.
- Halal.
- Ukuran yang mudah dibawa.
- Variasi rasanya beragam dan tidak membosankan.
IV. ANALISIS PASAR
Berikut adalah analisis pasar untuk mengetahui peluang dan tantangan dalam menjual produk Dimsum Koko.
Kekuatan produk
- Bisa dinikmati oleh semua kalangan.
- Higienis.
- Halal.
- Harga murah.
Kelemahan produk
- Banyak saingan.
- Daya tahan makanan tidak lama.
- Belum bisa membuat banyak dimsum dalam waktu cepat.
Peluang
- Pasarnya sangat luas.
- Bisa dipasarkan melalui media sosial.
- Layanan pesan antar melalui aplikasi ojek online mempermudah penjualan.
Harga
- Satu porsi dimsum dijual dengan harga terjangkau, mulai dari Rp15 ribu sampai Rp40 ribu per porsinya.
Promosi
Promosi dilakukan dengan dua cara:
- Promosi media sosial.
- Optimasi media sosial dengan beragam konten.
- Pengenalan produk dari mulut ke mulut.
Tempat
Dikarenakan keterbatasan dana dan sumber daya, sampai saat ini produk dijual secara online.
V. DETAIL PRODUKSI
Peralatan yang digunakan :
- Baskom
- Sendok
- Kompor gas
- Pisau
- Panci
- Blender
Bahan-bahan yang digunakan :
- Beberapa potong ayam.
- Beberapa potong ikan
- Bawang putih
- Tepung tapioka
- Kaldu
- Minyak wijen
- Garam
- Kecap asin
- Daun bawang
- Telur ayam
VI. KEUNTUNGAN
Modal
Bahan Baku: Rp10.000,00 per porsi
Bahan Tambahan (dus packing): Rp1.000,00
Total pengeluaran: Rp11.000,00 per porsi
Perhitungan keuntungan
Harga jual per porsi: Rp15.000,00 per porsi
Keuntungan= 15.000-11.000
=Rp4.000,00 per porsi.
VII. PENUTUP
Dengan tingginya animo masyarakat akan dimsum, diharapkan dapat meraih target penjualan yang tinggi.
Ditambah dengan racikan Dimsum Koko yang lezat, menjadikan dimsum ini sebagai business plan yang tepat dan diprediksi akan mendatangkan keuntungan besar di masa mendatang.
***
Itulah cara membuat bisnis plan yang baik, lengkap dengan contohnya.
Semoga bermanfaat untuk Sahabat 99 yang berencana memulai bisnis.
Jangan lewatkan informasi menarik lainnya di situs Berita Properti 99.co Indonesia.
Kamu sedang mencari rumah di Bandung?
Bisa jadi Podomoro Park Bandung adalah jawabannya!
Cek saja di 99.co/id untuk menemukan rumah idamanmu!