jSaat terjadi gangguan listrik di rumahmu, sebaiknya kamu segera menghubungi layanan Pengaduan PLN 123 untuk menanyakan penyebabnya.
Dari pengaduan tersebut, kamu pasti akan mendapatkan tindak lanjut untuk mengatasi kondisi gangguan yang kamu alami.
Mungkin sebagian orang menganggap hal ini sebatas perkara sepele. Padahal gangguan listrik berpotensi untuk merusak perangkat elektronik yang ada di rumahmu.
Tapi, bagaimana cara untuk mengajukan pengaduan?
Tenang, PLN telah menyediakan berbagai cara untuk mengajukan pengaduan yang bisa kamu coba.
Simak cara mengajukan pengaduan PLN 123 berikut ini, yuk!
Cara Pengaduan PLN 123
1. Pengaduan via Telepon
Layanan pengaduan PLN via telepon merupakan cara termudah dan tercepat untuk melaporkan ketika terjadi gangguan.
Dengan melalui telepon, kamu akan mendapatkan tanggapan yang cepat karena langsung dilayani oleh customer service PLN yang siap membantu selama 24 jam non-stop setiap hari.
Sebelum menghubungi melalui telepon, pastikan kamu menggunakan kode area tempat kamu tinggal. Misalnya untuk area Bandung, tambahkan (022) 123.
Setelah tersambung pada layanan telepon tersebut, kamu akan diberikan tiga pilihan, yakni:
- Tekan nomor “1” untuk informasi tagihan layanan listrik
- Tekan nomor “2” untuk pengaduan gangguan yang kamu alami
- Tekan nomor “3” untuk layanan penyambungan dan layanan lainnya
Perlu kamu ketahui, layanan pengaduan ini tidak gratis. Tapi akan dikenakan biaya pulsa dengan besaran tarif tergantung operator yang kamu gunakan.
2. Pengaduan via SMS
Selain melalui telepon, kamu juga bisa mengajukan pengaduan melalui layanan SMS dengan cara mengetik INFO lalu kirimkan ke 0838 8888 123.
Melalui layanan ini kamu bisa menyampaikan keluhan dan mendapatkan informasi lanjutan tentang layanan informasi.
Layanan pengaduan via SMS ini juga dikenakan tarif tergantung operator yang kamu gunakan.
3. Pengaduan via Media Sosial
Kalau kamu tidak ingin dikenakan biaya pulsa, kamu bisa mengajukan pengaduan melalui media sosial milik PLN.
Pengaduan ini bisa kamu ajukan melalui akun resmi Facebook, Instagram, dan Twitter yang dimiliki oleh PLN.
Berikut daftar media sosial resmi milik PLN:
- Facebook: PLN 123
- Twitter: @PLN_123
- Instagram: pln123_official
Tak hanya untuk mengajukan pengaduan, melalui layanan media sosial ini kamu juga informasi terkait layanan yang tersedia.
4. Pengaduan via Website dan Email
PLN juga menyediakan layanan pengaduan yang bisa kamu akses melalui website atau situs resmi melalui pln.co.id atau dengan mengirimkan email ke [email protected].
Melalui layanan ini kamu bisa melaporkan gangguan dan mendapatkan informasi layanan PLN.
5. Pengaduan via PLN Mobile
Saat ini, kamu juga bisa mengajukan pengaduan online melalui aplikasi resmi PLN, yakni PLN Mobile yang bisa kamu unduh melalui Play Store atau App Store.
Setelah menginstal aplikasi tersebut di ponsel, kamu harus melakukan registrasi terlebih dahulu sebelum mengajukan pengaduan.
Berikut langkah-langkah pengaduannya:
- Ajukan pengaduan melalui aplikasi PLN Mobile
- Isi kolom pengaduan sesuai dengan gangguan yang kamu alami
- Lampirkan foto
- Klik tombol kirim pengaduan
- Setelah itu kamu akan mendapatkan nomor pengaduan dan petugas akan menghubungi dalam kurung waktu 24 jam
Gangguan yang Bisa Dilaporkan ke Pengaduan PLN 123
1. Power Failure
Power failure atau mati listrik merupakan salah satu jenis gangguan yang kerap dialami dan umumnya terjadi karena sumber listrik utama sedang mati.
Gangguan ini bisa disebabkan oleh beberapa hal dan berpotensi merusak perangkat elektronik yang ada di rumahmu.
Jika frekuensi power failure ini semakin meningkat, sebaiknya kamu segera mengajukan pengaduan agar segera ditangani oleh PLN.
2. Frequency Variation
Frequency variation adalah kondisi di mana frekuensi listrik naik turun tidak stabil.
Kondisi ini tentunya berpotensi untuk merusak perangkat elektronik karena adanya tegangan listrik yang tidak stabil.
3. Power SAG
Power SAG merupakan kondisi di mana tegangan listrik tiba-tiba turun secara drastis, bahkan penurunannya bisa mencapai 80%.
Akibatnya, listrik rumahmu akan mengalami konsleting.
Semoga artikel ini bermanfaat ya, Sahabat 99!
Simak informasi menarik lainnya di Berita Properti 99.co Indonesia.
Sedang mencari hunian di My Home Arcamanik?
Kunjungi www.99.co/id dan temukan hunian impianmu dari sekarang!