Secara harfiah, cloffice adalah closet-office alias lemari-kantor. Konsep ini menjadi tren baru ruang kerja di rumah selama pandemi Covid-19. Yuk, simak penjelasan lengkap serta inspirasinya dalam artikel berikut ini!
Ada banyak cara yang seseorang lakukan untuk menunjang kenyamanan bekerja di rumah.
Salah satunya adalah dengan menciptakan inovasi closet-office atau cloffice.
Jika kamu artikan ke dalam bahasa Indonesia, cloffice adalah lemari-kantor.
Yuk, pahami tren interior satu ini lebih lanjut dalam artikel berikut!
Apa yang Dimaksud dengan Cloffice?
Sederhananya, konsep ini memadukan lemari pakaian dan meja kerja di satu ruangan atau satu perabot.
Dari sinilah nama closet-office muncul, yang kemudian disingkat menjadi cloffice.
Ada dua cara untuk menciptakan konsep ini, pertama dengan mengubah pintu lemari menjadi meja.
Lalu kedua memadukan area kerja dengan walk-in closet di satu ruangan yang sama.
Cara apapun yang kamu pilih, tujuan utamanya adalah efisiensi lahan hunian.
Jadi, kamu tidak perlu menyediakan ruang khusus untuk bekerja.
Tips Menerapkan Konsep Cloffice
1. Perhitungkan Kebutuhan Lahan
Step pertama untuk membuat cloffice adalah memperhitungkan kebutuhan.
Pahami sebesar apa area yang kamu butuhkan untuk bekerja.
Apakah kamu membutuhkan rak penyimpanan untuk alat kerja?
Sebesar apa lebar meja yang kamu perlukan agar pekerjaan berjalan lancar?
Setelah menemukan jawabannya, barulah kamu bisa mulai merancang desainnya.
Sebagai catatan, kebanyakan orang hanya perlu meja kecil untuk membuka laptop.
2. Siapakan Rak untuk Meja Kerja
Langkah berikutnya untuk membuat cloffice adalah menyiapkan rak untuk meja.
Sesuaikan ukurannya dengan alat kerja yang kamu gunakan, misalnya saja laptop.
Kemudian cek ketinggian yang memungkinkan agar posisinya tidak mengganggu mobilitas.
Kamu juga bisa mempertimbangkan meja lipat jika tidak ada alat kerja yang harus tertata terus-menerus.
3. Pilih Kursi dengan Desain Minimalis
Pilihan terbaik untuk kursi kerja adalah yang memiliki sandaran punggung dan tangan.
Hanya saja untuk ruang minimalis, kamu harus puas dengan model kursi minimalis.
Misalnya saja kursi dengan dudukan saja agar bisa kamu masukkan ke bawah meja saat tidak terpakai.
Alternatif lainnya, pilih kursi dengan roda atau yang bisa kamu lipat agar memindahkannya mudah.
4. Laci Penyimpanan di Area Kerja
Sekecil apapun meja kerja, pastikan tetap ada laci penyimpanan di sekitarnya.
Solusi terbaiknya adalah menggunakan rak beroda yang dapat kamu geser dengan mudah.
Bahkan meski pekerjaanmu sepenuhnya bergantung pada internet, kamu tetap memerlukan penyimpanan.
Misalnya saja untuk charger laptop, mouse, sticky notes, dan lainnya.
5. Dekorasi Kecil untuk Pemanis
Hal terakhir yang harus kamu letakkan di cloffice adalah dekorasi.
Sekecil apapun itu, pastikan menghias area kerja dengan pernik-pernik kecil.
Fungsinya adalah sebagai pemanis serta penyegar ketika kamu mulai lelah bekerja.
Ini bisa berupa pot tanaman hijau, lukisan kecil, pot bunga kering, hingga lilin aromaterapi nan estetik.
Inspirasi Desain Cloffice di Hunian
1. Cloffice di Lantai Mezzanine Kamar Tidur
Alternatif pertama, kamu bisa membangun lantai mezzanine di kamar untuk menyimpan pakaian.
Kemudian, tata meja kerja di salah satu sudutnya untuk menghemat lahan.
2. Meja Kerja Kecil di Samping Rak Gantung Baju
Tepat di samping rak gantung pakaian, penghuni menyimpan meja kecil untuk bekerja.
Perabot pilihannya mengusung konsep minimalis sehingga tidak membuat area terlihat penuh.
3. Ruang Kerja Tersembunyi di Dalam Lemari
Ide terakhir, kamu bisa merombak sepenuhnya lemari pakaian menjadi ruang kerja tersembunyi.
Misalnya saja seperti inspirasi pada foto di atas ini, Sahabat 99.
Ini membuat area kerja bisa jauh dari pandangan saat kamu ingin beristirahat.
***
Semoga informasinya bermanfaat Sahabat 99.
Simak artikel menarik lainnya di portal Berita 99.co Indonesia.
Kunjungi 99.co/id untuk menemukan hunian impianmu.
Ada beragam pilihan properti di sana, seperti area Alana Garden Serpong.