Jangan asal-asalan menulis makalah kewirausahaan karena cara membuat makalah tidaklah sulit asalkan kamu mempelajarinya dengan baik dan benar.
Makalah tentang kewirausahaan merupakan salah satu topik atau tema yang sering dibahas, Property People.
Biasanya, mahasiswa yang membahas atau menulis makalah kewirausahaan adalah mahasiswa jurusan kewirausahaan.
Nah, bagi kamu yang berencana menyusun karya tulis ilmiah satu ini maka ketahui dulu apa itu kewirausahaan.
Kewirausahaan adalah sebuah proses dalam melakukan sesuatu yang baru dengan cara kreatif dan inovasi.
Manfaat kewirausahaan yaitu belajar mandiri, membuka peluang kerja bagi orang lain, memberikan nilai (value), hingga kesempatan mendapatkan keuntungan.
Tak cuma itu, salah satu tujuan kewirausahaan yaitu membentuk semangat kompetitif.
Selain pengertian kewirausahaan, kamu juga harus tahu contoh struktur makalah.
Struktur makalah antara lain cover, kata pengantar, daftar isi, pendahuluan, isi/pembahasan, kesimpulan, saran, dan daftar pustaka.
Kalau sudah paham, simak contoh kewirausahaan disertai latar belakang dan kesimpulan makalah berikut ini!
5 Contoh Makalah Kewirausahaan
1. Contoh Makalah Kewirausahaan Produk Usaha
 BAB II
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Di zaman modern ini kita memasuki era globalisasi yang menawarkan banyak hal-hal yang instan dan praktis tidak terkecuali makanan, maka dari itu banyaknya makanan yang dijual sudah siap makan dikarenakan banyak orang Indonesia yang sibuk bekerja atau aktivitas lain sehingga tidak ada waktu untuk membuat makanan. Ketatnya persaingan di pasar makanan tidak menyurutkan langkah kami mencoba memproduksi suatu makanan yang tidak kalah menarik, tentunya dengan harapan mampu bersaing dalam pasar makanan (Dwiansyah, 2020).
Dessert box merupakan produk makan penutup yang dikemas didalam box bening. Dessert box merupakan hidangan penutup yang memiliki rasa manis dan meyegarkan. Produk ini memiliki peluang bisnis yang menjanjikan. Karena konsep dessert box sudah tidak asing lagi untuk sebagian masyarakat, terutama di kalangan mahasiswa serta pegawai kantoran yang menjadi target pasar utama kami. Sajian kuliner yang praktis, visual menarik, dan juga cita rasa nusantara yang cocok di lidah tentu menjadi sesuatu yang di cari-cari. Dan itu adalah apa yang coba kami tawarkan kepada pasar (Sabrina, 2021).
Dessert ini bisa bertahan lama hingga beberapa hari bila disimpan di kulkas, disantap dingin memang akan terasa lebih nikmat. Peluang bisnis dessert box sangat menjanjikan, karena budaya konsumsi dan kebiasaan makan atau ngemil digemari oleh setiap orang, baik anak kecil sampai orang dewasa, dan juga bahan-bahan baku pembuatannya yang mudah didapatkan di toko swalayan.
1.2 Prioritas Masalah
Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa usaha dessert box ini merupakan usaha yang masih menjanjikan ke depannya. Namun, di sisi lain, usaha ini memiliki kendala. Kendala yang dihadapi adalah keberadaan kompetitor yang menjalankan bisnis sejenis. Oleh karena itu, untuk bisa memajukan usaha dessert box ini perlu diberikan suatu sentuhan yang bisa membedakan usaha ini dengan usaha lain sejenisnya.
1.3 Manfaat Kegiatan
Manfaat dari usaha dessert box ini adalah kami bisa mendapatkan keuntungan finansial dengan adanya usaha ini. Di samping itu, membuat dessert box sebagai hidangan penutup kekinian yang inovatif dan bernilai jual tinggi.
BAB II
GAMBARAN UMUM USAHA
2.1 Profil Produk
Dessert box adalah makanan kekinian yang sangat viral akhir-akhir ini. Fenomena viralnya dessert ini ada sejak 2020. Sering sekali kita menjumpainya di media sosial. Banyak sekali yang menjual dan me-review. Jadi, apa sih sebenarnya jenis makanan ini? Dessert box adalah makanan penutup atau bisa disebut dessert yang memadukan antara krim, kue, biscuit, dan pudding jadi satu dan dikemas dalam box bening.
Alasan yang pertama, dessert box ini sangat sering direview oleh artis, selebgram, dan influencer. Membuat banyak orang menjadi penasaran dengan dessert box ini. Sekarang sudah banyak sekali yang menjualnya dengan berbagai macam merek. Alasan yang kedua adalah tampilannya yang unik dan cantik. Pengemasannya sangat cantik. Dengan tampilan yang unik dan cantik itulah yang menjadi salah satu alasan bisa menjadi sangat viral.
2.2 Kenggulan menjual Dessert Box
a) Pencinta sajian kuliner manis itu ada banyak, seperti pencinta kuliner asam dan pedas. Maka artinya peluangnya terbuka lebar bila menjalankan bisnis ini karena pencarian konsumen sangat mudah. Bahkan tidak hanya wanita saja, pria juga menyukainya. Karena pasar dessert box sangat luas dan disukai semua orang.
b) Mengingat sedang pandemi, semua konsumen biasanya akan merasa lebih aman bila berbelanja secara online. Beruntungnya saat ini ada banyak lapak gratis yang bisa dijadikan sebagai tempat berjualan online. Sehingga hal ini membuat peluang usaha dessert box semakin besar karena bisa memanfaatkan media e-commerce gratis.
c) Semakin banyak tempat yang bisa dijadikan sebagai ruang berjualan secara daring, hal ini membuat resiko kerugian, kebangkrutan, dan tidak laku semakin tipis. Anda hanya perlu memasarkannya secara daring ke media sosial supaya kulinernya lebih laku keras dan dikenal oleh masyarakat luas.
d) Bisnis kuliner selama pandemi ini juga sangat berpeluang besar memberikan keuntungan kepada siapa saja. Karena dilihat dari mana saja, konsumennya ada banyak tanpa mengenal lapisan masyarakat. Selain itu modalnya juga tidak banyak sehingga cocok untuk pemula yang ingin membuka peluang usaha makanan manis.
BAB III
METODE PELAKSANAAN
3.1 Pembuatan Planning Usaha
Langkah pertama adalah menetukan ide usaha. Langkah selanjutnya setelah mendapatkan ide untuk mendirikan suatu usaha adalah membuat planning usaha. Di dalam planning usaha ini dijelaskan tentang latar belakang usaha, jenis usaha, strategi pemasaran, jadwal kegiatan, umber dana, estimasi biaya yang diperlukan, penerimaan dan keuntungan yang akan didapatkan.
3.2 Memulai Usaha
1) Membuat dessert box dengan berbagai varian rasa. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan keleluasaan kepada konsumen untuk bisa memilih rasa yang mereka sukai.
2) Menjual produk dengan harga yang terjangkau bagi masyarakat
3) Menawarkan produk via online dan juga secara langsung kepada kerabat maupun rekan-rekan
3.3 Persiapan Usaha
Mempersiapkan segala bahan dan peraltan untuk memulai usaha dessert box ini, termasuk di dalamnya adalah bagaimana merancang media promosi yang akan digunakan.
3.4 Analisis SWOT Usaha
a) Strength (kekuatan)
• Memiliki rasa yang sangat enak karena menggunakan bahan baku yang berkualitas.
• Tampilan produk menarik.
• Kualitas produk terjamin dengan bahan yang berkualitas dan aman untuk dikonsumsi karena produk yang dijual merupakan produk buatan rumahan.
b) Weak (kelemahan)
• Sulit mendapatkan bahan baku yang diinginkan.
• Harga bahan baku yang mahal.
• Produk tidak tahan lama.
• Belum memiliki pelanggan tetap.
c) Opportunity (kesempatan)
• Produk dessert masih jarang ditemukan di pasaran, sehingga peluang untuk mengembangkan usaha besar karena belum banyak saingan.
• Masyarakat yang gemar membeli makanan dengan tampilan menarik dan berbeda.
• Sosial media membantu untuk pemasaran dengan cepat.
d) Threats (ancaman)
• Akan muncul pesaing baru dengan usaha yang sama.
• Adanya pesaing yang menjual produk yang sama dengan harga yang lebih murah.
• Masyarakat yang cepat bosan
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dessert box merupakan salah satu produk makanan ringan penutup (cake) yang saat ini sedang digemari banyak konsumen. Berbeda dengan dessert biasa yang disajikan di piring, dessert box bisa langsung dimakan dari tempatnya. Makanan manis yang ditata dalam kotak bening ini biasanya terdiri dari beberapa lapisan seperti fla cheese, oreo, taburan keju parut sebagai toping, dan lain sebagainya. Menjadikan makanan penutup ini sebagai alternatif tepat untuk menemani waktu santai kamu bersama rekan dan keluarga.
B. Saran
Tujuan dari usaha ini kami berharap agar dapat melatih kami untuk bisa menciptakan lapangan pekerjaan khususnya untuk kami dan masyarakat sekitar. Dukungan dari semua pihak sangat kami butuhkan guna tercapai nya usaha kami ini.
Oleh karena itu saran dan kritik yang membangun sangat kami harapkan. Atas segala waktu dan perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.
Sumber: studocu.com
2. Makalah Kewirausahaan Makanan
Sumber: eprints.ums.ac.id
3. Contoh Makalah Kewirausahaan
Sumber: ymayowan.lecture.ub.ac.id
4. Latar Belakang Makalah Kewirausahaan
Seorang wirausaha adalah seorang yang memiliki jiwa dan kemampuan tertentu dalam berkreasi dan berinovasi. Ia yang memiliki kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda (ability to create the new and different) atau kemampuan kreatif dan inovatif.
Kemampuan kreatif dan inovatif tersebut secara riil tercermin dalam kemampuan dan kemauan untuk memulai usaha (start up), kemampuan untuk mengerjakan sesutau yang baru (creative), kemampuan untuk mencari peluang (oppurtunity), keberanian untuk menanggung risiko (risk bearing) dan kemampuan untuk mengembangkan ide.
Di sinilah suatu kreativitas sangat diperlukan untuk mengembangkan ide dan bahkan untuk mempertahankan suatu ide yang telah ada.
Dalam berwirausaha terdapat persaingan yang ketat. Untuk memenangkan persaingan maka seorang wirausahawan harus memiliki daya kreativitas yang tinggi. Daya kreativitas tersebut sebaiknya dilandasi oleh cara berpikir yang maju, penuh dengan gagasan-gagasan baru yang berbeda dengan produk-produk yang telah ada selama ini di pasar.
Gagasan-gagasan yang kreatif umumnya tidak dapat dibatasi oleh ruang, bentuk atau pun waktu. Justru seringkali ide-ide jenius yang memberikan terobosan-terobosan baru dalam dunia usaha awalnya adalah dilandasi oleh gagasan-gagasan kreatif yang kelihatannya mustahil.
Sumber: lms.syam-ok.unm.ac.id
5. Kesimpulan Makalah Kewirausahaan
Kewirausahaan adalah proses yang membawa individu untuk mengidentifikasi kesempatan baru dan menyesuaikannya ke dalam produk serta jasa yang dapat dipasarkan. Wirausahawan adalah seorang yang menciptakan bisnis baru untuk memperoleh keuntungan dengan mengidentifikasi kesempatan dan mengumpulkan sumber-sumber yang diperlukan sebagai modal. Sebagai sekolah menengah kejuruan, SMK diharapkan mampu menghasilkan tamatan yang dapat menjadi tenaga kerja siap pakai sekaligus memiliki keterampilan yang dapat dikembangkan untuk berwirausaha. Untuk menghasilkan tamatan yang siap pakai sebagai tenaga kerja, SMK perlu melakukan kerjasama yang baik dengan Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI), sedangkan untuk menghasilkan tamatan yang terampil dalam berwirausaha, SMK perlu menyediakan sarana bisnis center sebagai tempat untuk melatih kegiatan wirausaha di sekolah.
Sumber: repository.unj.ac.id
***
Demikian contoh makalah kewirausahaan.
Semoga bermanfaat, Property People.
Yuk, temukan berbagai informasi lainnya dengan mengikuti Google News Berita 99.co Indonesia.
Lagi cari rumah minimalis? Kunjungi www.99.co/id karena jual beli properti jadi #segampangitu bersama kami!
**gambar cover: researchgate