Salah satu dokumen yang diperlukan untuk mendaftar KPR adalah surat keterangan kerja. Bingung dengan cara membuatnya? Simak contoh surat keterangan kerja untuk KPR di sini!
Sebagai salah satu syarat KPR diterima, kamu diharuskan untuk memiliki surat keterangan kerja untuk KPR.
Hal ini dapat membuat bank percaya bahwa kamu telah bekerja dan memiliki pendapatan tetap.
Keberadaan surat keterangan kerja juga dapat membuat bank lebih mudah menerima permintaan KPRmu.
Kebingungan dengan cara pembuatan surat ini?
Simak contoh pembuatan surat keterangan kerja untuk KPR di sini!
Fungsi dari Surat Keterangan Kerja untuk KPR
Surat keterangan kerja adalah surat yang dibuat oleh perusahaan atau instansi terkait yang isinya menerangkan bahwa orang tersebut benar-benar bekerja di perusahaan yang terkait.
Di dalam surat keterangan kerja terdapat penjelasan mengenai status dari seseorang di suatu perusahaan atau instansi tersebut.
Surat ini juga berfungsi sebagai bukti bahwa kamu seorang karyawan dan memiliki penghasilan tetap.
Tentunya seseorang yang memiliki penghasilan tetap lebih diminati oleh bank, sehingga akan mempermudah kamu mendapatkan KPR.
Cara Membuat Surat Keterangan Kerja untuk KPR
Cara untuk membuat surat keterangan kerja untuk KPR cukup mudah.
Kamu dapat menghubungi pihak HRD perusahaan dan jelaskan alasanmu ingin membuat surat keterangan kerja.
Biasanya perusahaan sudah memiliki format untuk surat keterangan kerja untuk KPR sendiri, sehingga pembuatannya cukup mudah.
Hal yang Wajib Dicantumkan di Surat Keterangan Kerja
Jika kamu kebingungan apa saja yang harus kamu tulis di surat keterangan kerja, berikut adalah hal yang wajib kamu cantumkan di dalam surat:
- Kop surat
Kop surat menunjukan instansi atau perusahaan yang mengeluarkan surat.
Kop berada di bagian atas surat dan berfungsi untuk menunjukan legalitas surat.
- Nama perusahaan
Surat kerja juga harus mencantumkan nama perusahaan yang jelas dan lengkap.
Sertakan juga informasi seperti nomor telepon, email, dan situs perusahaan.
- Nama surat
Tuliskan dengan jelas nama surat pada judul.
Karena sedang membuat surat keterangan kerja, tuliskan surat keterangan kerja pada judul surat.
- Nomor pembuatan
Instansi selalu mencatat surat yang keluar dengan penomoran agar dapat mempermudah melacak surat yang keluar.
- Isi surat
Ini adalah bagian utama dari surat.
Isi dari surat berisi identitas karyawan seperti jabatan dan nomor induk karyawan atau kepegawaian.
Agar terlihat legalitasnya, cantumkan juga nama atasan yang membuat surat kerja ini.
- Penutup
Bagian penutup menuliskan tujuan dari pembuatan surat dan tanda tangan lengkap dari atasan bersama cap basah.
Contoh Surat Keterangan Kerja untuk KPR
Berikut adalah format penulisan dari surat keterangan kerja untuk KPR dari liputan6.com:
Â
(kop surat)
(nama perusahaan)
(alamat perusahaan)
(nomor telepon perusahaan) (nomor fax perusahaan)
Site: (nama situs perusahaan) | Email:Â (email perusahaan)
SURAT KETERANGAN KERJA
No: 12/SKK/PT.SJT/03/2018
Saya yang bertanda tangan dibawah ini:
Nama :
Jabatan :
Dengan ini menerangkan bahwa:
Nama :
Alamat :
NIP :
Jabatan :
Dengan ini menerangkan bahwa saudara (nama karyawan) adalah benar-benar merupakan karyawan tetap kami yang bekerja di (nama perusahaan) hingga saat ini.
Surat keterangan kerja ini diterbitkan demi kubutuhan sebagai persyaratan KPR.
Demikain surat keterangan kerja ini kami buat agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
Hormat Kami
(jabatan atasan)
(nama perusahaan)
(nama atasan)
Contoh Surat Keterangan Kerja
Contoh 1
Contoh 2
Contoh 3
***
Semoga artikel ini bermanfaat untuk Sahabat 99, ya!
Jangan lewatkan informasi menarik lainnya di portal Berita 99.co Indonesia.
Jika sedang mencari rumah di Bandung, bisa jadi Kenari Kebonkopi Alamasri adalah jawabannya.
Cek saja di 99.co.id dan rumah123.com untuk menemukan rumah idamanmu!