Bahasa Pendidikan

16 Contoh Teks Debat Berbagai Tema Sesuai Strukturnya. Lengkap!

17 menit

Melakukan debat di depan banyak orang memang bukanlah hal yang mudah. Pasalnya, perlu penguatan argumentasi serius yang perlu dipersiapkan sebelumnya. Untuk memudahkan kegiatan tersebut, kali ini Berita 99.co Indonesia telah menghimpun contoh teks debat yang baik dan benar.

Terdapat cara yang perlu dipahami sebelum melakukan kegiatan debat, terutama saat berada dalam kompetisi atau perlombaan.

Debat bukan serta-merta hanya mengungkapkan argumen dari masing-masing pihak, melainkan salah satu aktivitas komunikasi, seperti halnya diskusi.

Di dalam aktivitas debat terdapat proses bertukar informasi berupa pendapat maupun argumen.

Pengertian Debat

Menurut Henry Guntur Tarigan dalam bukunya, Retorika: Strategi, Teknik, dan Taktik Berpidato, debat adalah adu argumen tentang suatu hal tertentu untuk mencapai kemenangan satu pihak.

Dalam buku Pembelajaran Debat yang ditulis Muhammad Zein Iqbal Suherwin dan Herly Dayanti, dijelaskan bahwa mempertahankan argumen biasanya dengan menyertai referensi yang telah diakui serta bukti nyata telah ada di masyarakat.

Salah satu pihak mengemukakan sudut pandangnya atas masalah yang menjadi pembahasan dalam debat.

Pada dasarnya, kegiatan debat memiliki tujuan untuk mendiskusikan atau memutuskan masalah dan perbedaan atas suatu hal.

Agar debat berjalan dengan lancar tanpa ada konflik, kegiatan debat memiliki beberapa aturan dan syarat.

Struktur Teks Debat

Sebenarnya, debat itu berangkat dari sebuah teks.

Seperti teks pada umumnya, debat tentu memiliki struktur yang membangun suatu narasi.

Adapun struktur teks debat yang tepat adalah sebagai berikut.

1. Pengantar

Bagian ini mengemukakan posisi si pemberi informasi mengenai topik yang dipermasalahkan.

Pengantar tersebut pun menentukan apakah penyampai debat berada di kubu afirmasi atau oposisi.

Melalui kejelasan posisi tersebut, debat bisa disampaikan dengan memberi awalan berupa gambaran umum pada topik yang dibahas.

2. Argumen

Argumen menjelaskan alasan mengapa setuju atau tidak setuju mengenai suatu permasalahan.

Nah, dalam bagian ini, perlu memberikan fakta dan bukti yang mendukung pada teks debat.

Kedua hal tersebut harus sejalan agar argumen menjadi lebih masuk akal.

3. Kesimpulan

Bagian ini dapat menegaskan kembali posisi si penyampai debat dalam mosi yang diangkat.

Unsur-Unsur Debat

Lalu, debat juga terdiri atas beberapa unsur, antara lain mosi, tim, dan partisipan.

Unsur-unsur debat tersebut bisa bersifat wajib dan opsional.

1. Mosi

Mosi merupakan topik, isu, atau permasalahan yang dibahas dalam debat.

Adapun unsur ini berupa satu kalimat utuh berisi subjek, predikat, dan objek.

Lalu, mosi juga menjadi penentu tim debat untuk menentukan sikap.

2. Tim

Dalam kegiatan debat, tim dibagi menjadi tiga, yaitu afirmasi, oposisi, dan netral.

Berikut penjelasannya:

  • Tim afirmasi bertugas mengemukakan argumen yang mendukung (pro) mosi.
  • Tim oposisi memaparkan argumen kontra atau sanggahan terhadap mosi.
  • Tim netral menjadi penengah atau tidak memihak tim mana pun sehingga ia tak wajib ada karena dapat digantikan moderator.

3. Partisipan

Sebagaimana tim, partisipan terbagi menjadi juri, notulen, dan moderator. Uraian lengkapnya bisa kamu baca pada rincian ini:

  • Juri bertugas memberi penilaian dan mengikuti jalannya debat.
  • Notulen bertugas membuat catatan hal-hal yang dibicarakan dan diputuskan dalam debat.
  • Moderator bertugas memandu jalannya debat.

16 Contoh Teks Debat Beserta Unsur dan Strukturnya dalam Berbagai Topik

contoh teks debat

sumber: kibrispdr.org

Setelah mengetahui strukturnya, saatnya Property People memahami teks debat yang baik dan benar.

Agar memudahkanmu, yuk simak kumpulan contoh teks debat yang singkat dan jelas pada ulasan di bawah ini.

1. Contoh Teks Debat Singkat tentang Pro dan Kontra Penggunaan Bahasa Asing

Moderator

Bapak dan Ibu Guru, serta para peserta diskusi yang berbahagia.

Siang ini akan segera kita mulai debat siswa SMA tingkat provinsi ini. Telah berada di ruang ini pihak afirmasi dan pihak posisi. Tema pilihan siang ini adalah Penggunaan Bahasa Asing Mengikis Rasa Nasionalisme. Untuk itu, kepada kedua tim untuk mempersiapkan diri, mendiskusikan tema tersebut. Waktunya selama tiga menit.

Baiklah, waktu sudah habis. Sekarang, waktu saya berikan kepada tim afirmatif untuk menyampaikan pendapatnya selama tiga menit.

Tim Afirmatif

Terima kasih, Saudara Moderator

Dalam teks sumpah pemuda ada satu bagian yang menyatakan bahwa kita semua sebagai bangsa Indonesia telah mengakui bahasa Indonesia yang satu, yaitu bahasa Indonesia. pernyataan para pemuda pejuang Indonesia pada tahun 1928 itu berpengaruh besar terhadap perjuangan bangsa Indonesia untuk mencapai kemerdekaan. Dan itu terbukti bahwa bahasa Indonesia mampu mempersatukan bangsa Indonesia untuk berjuang melawan penjajah. Hasilnya dapat dirasakan. Indonesia merdeka. Itu artinya, bahasa Indonesia harus dihormati dan kita harus menjunjung tinggi keberadaannya sebagai bahasa nasional. Bahasa Indonesia telah membangkitkan rasa nasionalisme.

Dari hal diatas, kami berpendapat bahwa penggunaan bahasa asing dalam kehidupan sehari-hari dapat mengikis rasa nasionalisme. Sebab, orang Indonesia akan mengabaikan bahasa Indonesia. Bila di kantor, atau bahkan di sekolah menggunakan bahasa asing, lama-kelamaan bahasa Indonesia akan hilang dari peredaran. Itu berarti kita telah melupakan sejarah seperti yang saya sampaikan di atas. Padahal, bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan sejarahnya. Dan itu, merupakan bukti bahwa kita telah kehilangan rasa nasionalisme.

Kedua, orang Indonesia akan berkurang merasa bahwa mereka bagian dari bangsa Indonesia. Berarti tidak ada rasa nasionalisme pada diri mereka. Bangsa Indonesia masih sangat memerlukan bahasa Indonesia sebagai pengikat rasa nasionalisme. Sebabnya, di Indonesia, ada banyak suku yang masing-masing mempunyai bahasa sendiri. Di Papua, misalnya masih banyak warga suku yang belum dapat berbahasa Indonesia. Mereka masih perlu dikenalkan dengan bahasa Indonesia agar merasa sebagai bangsa Indonesia

Ketiga, penggunaan bahasa asing akan mengikis kecintaan pemuda Indonesia terhadap bahasa Indonesia. mereka lebih senang menggunakan bahasa asing karena penggunaan bahasa asing mereka anggap dapat menaikkan gengsinya, dianggap intelek. Awalnya hanya sedikit istilah asing yang digunakan. Lama-lama semuanya menggunakan bahasa asing. Akhirnya, bahasa Indonesia akan hilang dari negara Indonesia. Padahal, bahasa menunjukkan bangsa.

Oleh karena itu, untuk berkomunikasi sehari-hari di Indonesia kita tak perlu menggunakan bahasa asing, itu berbahaya karena dapat mengikis rasa nasionalisme kita.

Moderator

Demikian pendapat dari afirmatif. Sekarang waktu saya berikan kepada pihak oposisi. Waktunya tiga menit.

Tim Oposisi

Terima kasih, Saudara Moderator.

Saya setuju dengan fakta sejarah bahwa bahasa Indonesia berperan penting dalam mencapai kemerdekaan Indonesia. Tetapi dalam perkembangannya, sekarang ini kita hanya berkomunikasi dengan orang Indonesia walaupun di dalam Negara Indonesia. Maka, perlu sekali diupayakan orang-orang Indonesia dapat berbahasa asing sehingga sehari-hari orang Indonesia dapat juga berkomunikasi dengan warga asing. Dan kita tidak perlu khawatir karena penggunaan bahasa asing akan mengikis rasa nasionalisme. Ada beberapa alasan yang menguatkan pendapat di atas.

Pertama, rasa nasionalisme tidak akan terkikis hanya karena kita menggunakan bahasa asing di Indonesia. Buktinya, pejuang kita dahulu, Bung Karno, Bung Hatta, Sutan Syahrir, mereka itu tidak hanya menguasai Bahasa Indonesia tetapi juga bahasa Belanda. Tetapi, rasa nasionalisme pejuang kita itu tidak perlu diragukan lagi.

Kedua, rasa nasionalisme tidak harus ditumbuhkan dengan penguasaan bahasa Indonesia saja. Banyak cara lain untuk menumbuhkan rasa nasionalisme di negeri ini. Di sekolah dapat diadakan pendidikan bela negara atau melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Dengan itu, saya kira akan lebih tepat untuk menjaga rasa nasionalisme.

Ketiga, dan ini juga penting. Menguasai bahasa asing akan membuka lebar kesempatan mendapatkan pekerjaan. Kalau pemuda Indonesia mempunyai kesempatan bekerja berarti kehidupannya semakin baik dan sejahtera. Rakyat suatu negara yang sejahtera tidak akan berpaling kepada negara lain. Rasa nasionalisme tidak terkikis. Negara-negara yang warganya tidak sejahtera akan pergi dari negaranya dan meminta perlindungan. Ada orang-orang yang meminta perlindungan ke Australia, ke negara-negara di Eropa, itu karena negaranya merasa tidak sejahtera.

Itulah sebabnya kami bertahan bahwa penggunaan bahasa asing itu perlu dilakukan. Dan saya yakin penggunaan bahasa asing dalam kehidupan sehari-hari tidak akan mengurangi rasa nasionalisme.

Moderator (Penutup dan Kesimpulan)

Berdasarkan argumen yang telah dikemukakan oleh tim afirmatif dan tim oposisi, kesimpulan yang dapat kita ambil bahwa bahasa Indonesia tidak akan terkikis dengan diperkuat pembelajaran bela negara sehingga bahasa Indonesia tetap kokoh digunakan masyarakat dalam menghadapi persaingan dengan bahasa asing. Selain itu, bahasa asing juga perlu dipelajari agar kita sebagai warga negara Indonesia bisa terhubung dengan bangsa lainnya dan memberikan manfaat dan mensejahterakan masyarakat.

2. Contoh Teks Debat tentang Lingkungan

Moderator

Topik yang diangkat dalam debat berkaitan dengan adanya peraturan mengenai pelarangan penggunaan plastik di supermarket.

Hal ini dilakukan untuk mengurangi adanya dampak terhadap lingkungan.

Tim Afirmasi

Pelarangan penggunaan plastik di supermarket merupakan cara efektif untuk mengurangi limbah sampah.

Hal tersebut bukan tanpa alasan mengingat sudah banyak sampah plastik mencemari lautan Indonesia bahkan perairan di luar negeri.

Itulah mengapa penggunaan goodie bag jauh lebih disarankan.

Selain itu, keberadaannya juga bisa menyebabkan kesehatan menjadi terganggu.

Apabila plastik dicampurkan dengan benda pans, zat berbahaya di dalamnya tentu bisa menyebar ke makanan sehingga mengakibatkan beberapa penyakit seperti kanker.

Tim Oposisi

Dilihat dari segi tenaga kerja, apabila penggunaan kantong plastik dikurangi, tentu nantinya akan berdampak kepada perusahaan bersangkutan.

Jelas lebih banyak karyawan akan terkena PHK dan menimbulkan pengangguran di mana-mana.

Terlebih lagi, harga goodie bag jauh lebih mahal dibandingkan kantong plastik.

Apalagi jika ternyata tas tersebut dijual di supermarket besar, jelas harganya bisa lebih mahal berkali-kali lipat.

Tak sampai disitu saja, belum tentu semua masyarakat Indonesia mau mengeluarkan uang banyak untuk membelinya.

3. Contoh Teks Debat tentang Belajar Online 

Moderator

Selamat pagi/ siang/ malam semuanya. Kita akan memulai sesi debat hari ini dengan topik “Pentingnya Pembatasan Waktu Layanan Internet bagi Remaja.” Di sini, kita memiliki tim afirmasi yang percaya bahwa pembatasan waktu layanan internet sangat penting, dan tim oposisi yang berpendapat sebaliknya. Setiap tim akan diberikan waktu untuk menyampaikan argumen mereka. Mari kita mulai dengan tim afirmasi. Silakan waktu 3 menit.

Tim Afirmasi

  • Anggota 1 (A1): Terima kasih, moderator. Kami percaya bahwa pembatasan waktu layanan internet bagi remaja sangat penting. Internet adalah sumber informasi yang tak terbatas, tetapi penggunaan berlebihan dapat berdampak buruk pada kesehatan mental dan fisik remaja. Dengan pembatasan waktu, mereka akan memiliki waktu yang cukup untuk berinteraksi secara fisik, belajar, dan tidur cukup.
  • Anggota 2 (A2): Betul, A1. Terlalu banyak waktu di depan layar juga dapat memengaruhi perkembangan sosial remaja. Keterampilan komunikasi langsung dapat terabaikan. Dengan pembatasan, mereka akan lebih cenderung berinteraksi secara langsung dengan teman-teman dan keluarga, yang penting untuk membangun hubungan yang sehat.

Moderator

Terima kasih, tim afirmasi. Sekarang, mari dengarkan argumen dari tim oposisi. Silakan waktu 3 menit.

Tim Oposisi

  • Anggota 1 (O1): Terima kasih, moderator. Kami percaya bahwa pembatasan waktu internet dapat menghambat akses pendidikan dan informasi bagi remaja. Di era digital ini, internet menjadi sumber utama pengetahuan. Pembatasan berarti mereka akan kehilangan peluang untuk belajar dan mengeksplorasi minat mereka secara lebih luas.
  • Anggota 2 (O2): Benar, O1. Selain itu, internet juga merupakan tempat bagi remaja untuk mengekspresikan diri mereka melalui seni, tulisan, dan berbagai kreativitas lainnya. Pembatasan waktu dapat menghambat perkembangan bakat mereka. Seharusnya, pendekatan yang lebih baik adalah mengajarkan penggunaan internet yang bertanggung jawab.

Moderator

Terima kasih, tim oposisi. Sekarang, mari kita lanjutkan dengan babak perdebatan bebas. Setiap tim akan diberikan waktu 2 menit untuk menyampaikan pertanyaan atau tanggapan terhadap argumen tim lawan. Kita akan bergantian antara tim afirmasi dan tim oposisi.

Tim Afirmasi

  • A1: Kepada tim oposisi, bagaimana Anda menangani risiko kesehatan mental yang mungkin timbul akibat penggunaan internet yang berlebihan?
  • A2: Untuk tim oposisi, bagaimana Anda memastikan bahwa remaja tidak terjebak dalam dunia maya dan tetap memiliki interaksi sosial nyata?

Tim Oposisi

  • O1: Kepada tim afirmasi, bagaimana Anda menjamin bahwa pembatasan waktu internet tidak akan membatasi eksplorasi minat dan bakat remaja di dunia maya?
  • O2: Untuk tim afirmasi, bagaimana Anda mengatasi argumen bahwa pendekatan yang lebih baik adalah mengajarkan penggunaan yang bertanggung jawab daripada membatasi waktu?

Moderator

Terima kasih, tim-tim. Sekarang saatnya untuk memberikan penutup dari masing-masing tim. Setiap tim akan diberikan waktu 2 menit.

Tim Afirmasi

  • A1: Kami percaya bahwa dengan pembatasan waktu internet, remaja akan memiliki keseimbangan yang lebih baik antara dunia maya dan kehidupan nyata. Ini akan mendukung kesehatan mental dan hubungan sosial mereka.
  • A2: Benar, A1. Dengan mengajarkan remaja untuk menggunakan internet secara bijak dan bertanggung jawab, mereka akan dapat mengambil manfaat dari sumber daya yang tak terbatas ini tanpa mengorbankan perkembangan mereka di bidang lain.

Tim Oposisi

  • O1: Kami berpendapat bahwa pendidikan tentang penggunaan yang bertanggung jawab adalah kunci, bukan pembatasan waktu yang ketat. Remaja harus diajarkan bagaimana memilah informasi dan mengenali risiko yang mungkin terkait dengan internet.
  • O2: Kami yakin bahwa dengan memberikan remaja kepercayaan dan pendidikan yang tepat, mereka dapat menggunakan internet sebagai alat untuk mengeksplorasi minat dan bakat mereka, sambil tetap menjaga keseimbangan dengan kehidupan nyata.

Moderator

Terima kasih kepada kedua tim atas argumen yang kuat. Debat ini telah memberikan wawasan yang berharga tentang topik “Pentingnya Pembatasan Waktu Layanan Internet bagi Remaja.” Mari kita semua menghargai berbagai pandangan yang telah disampaikan hari ini.

4. Contoh Teks Debat tentang Kesehatan

Moderator

Selamat pagi/ siang/ malam semuanya. Kita akan memulai sesi debat hari ini dengan topik “Penyebab dan Solusi terhadap Kenakalan Remaja.” Di sini, kita memiliki tim afirmasi yang percaya bahwa kenakalan remaja perlu ditangani secara tegas, dan tim oposisi yang berpendapat sebaliknya. Setiap tim akan diberikan waktu untuk menyampaikan argumen mereka. Mari kita mulai dengan tim afirmasi. Silakan waktu 3 menit.

Tim Afirmasi

  • Anggota 1 (A1): Terima kasih, moderator. Kami percaya bahwa kenakalan remaja merupakan masalah yang perlu ditangani dengan tegas. Kenakalan dapat merusak masa depan mereka dan masyarakat pada umumnya. Dengan menghadapi konsekuensi yang serius, remaja akan lebih cenderung berpikir dua kali sebelum terlibat dalam perilaku negatif.
  • Anggota 2 (A2): Betul, A1. Melalui pendekatan yang tegas, kita dapat memberikan pesan bahwa tindakan tidak bertanggung jawab tidak akan diterima dalam masyarakat. Selain itu, solusi seperti program rehabilitasi dan pelatihan keterampilan juga dapat membantu remaja beralih ke arah yang positif.

Moderator

Terima kasih, tim afirmasi. Sekarang, mari dengarkan argumen dari tim oposisi. Silakan waktu 3 menit.

Tim Oposisi

  • Anggota 1 (O1): Terima kasih, moderator. Kami percaya bahwa kenakalan remaja perlu dihadapi dengan pemahaman dan dukungan, bukan hanya hukuman. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi perilaku negatif remaja, seperti lingkungan dan masalah pribadi. Dengan pendekatan yang empatik, kita dapat membantu mereka memahami akibat dari tindakan mereka.
  • Anggota 2 (O2): Benar, O1. Pentingnya memberikan alternatif positif bagi remaja. Program-program seperti pelatihan keterampilan, olahraga, dan kegiatan kreatif dapat membantu mereka mengalihkan energi mereka ke hal-hal yang konstruktif. Ini dapat membantu mengurangi tingkat kenakalan.

Moderator

Terima kasih, tim oposisi. Sekarang, mari kita lanjutkan dengan babak perdebatan bebas. Setiap tim akan diberikan waktu 2 menit untuk menyampaikan pertanyaan atau tanggapan terhadap argumen tim lawan. Kita akan bergantian antara tim afirmasi dan tim oposisi.

Tim Afirmasi

  • A1: Kepada tim oposisi, bagaimana Anda mengatasi keprihatinan bahwa pendekatan yang lebih ringan dapat mendorong remaja untuk melanjutkan perilaku negatif?
  • A2: Untuk tim oposisi, bagaimana Anda memastikan bahwa pendekatan empatik tidak diartikan sebagai hukuman yang lebih ringan?

Tim Oposisi

  • O1: Kepada tim afirmasi, bagaimana Anda menjawab argumen bahwa hukuman yang ketat dapat membuat remaja lebih defensif dan tidak kooperatif?
  • O2: Untuk tim afirmasi, bagaimana Anda memastikan bahwa program rehabilitasi efektif dalam mengubah perilaku remaja?

Moderator

Terima kasih, tim-tim. Sekarang saatnya untuk memberikan penutup dari masing-masing tim. Setiap tim akan diberikan waktu 2 menit.

Tim Afirmasi

  • A1: Kami percaya bahwa dengan pendekatan yang tegas, kita dapat menegaskan nilai-nilai tanggung jawab dan konsekuensi dalam masyarakat. Ini dapat membantu merubah perilaku remaja ke arah yang lebih baik.
  • A2: Benar, A1. Melalui kombinasi hukuman yang adil dan program rehabilitasi, kita dapat memberikan kesempatan kepada remaja untuk merenung dan memperbaiki diri.

Tim Oposisi

  • O1: Kami berpendapat bahwa pendekatan yang empatik dapat membantu mengatasi akar masalah perilaku negatif remaja. Ini memungkinkan mereka untuk memahami dampak dari tindakan mereka dan memperoleh dukungan yang diperlukan untuk berubah.
  • O2: Kami yakin bahwa dengan memberikan alternatif positif dan program rehabilitasi yang efektif, remaja dapat mengubah arah hidup mereka menuju jalur yang lebih positif dan produktif.

Moderator

Terima kasih kepada kedua tim atas argumen yang kuat. Debat ini telah memberikan wawasan yang berharga tentang topik “Penyebab dan Solusi terhadap Kenakalan Remaja.” Mari kita semua mengambil pelajaran dari pandangan yang beragam yang telah disampaikan hari ini.

5. Contoh Teks Debat tentang Kenakalan Remaja

Moderator

Selamat sore kepada semua hadirin. Kita akan melanjutkan debat dengan topik “Penyebab Kenakalan Remaja: Faktor Orang Tua dan Lingkungan Sosial.” Mari kita dengarkan argumen dari kedua tim. Pertama, mari mendengarkan argumen dari Tim Afirmasi. Anda memiliki waktu 3 menit.

Tim Afirmasi

Menurut saya, kenakalan remaja saat ini disebabkan oleh kurangnya perhatian dari orang tua.

Sehingga, jika kita ingin serius menanggulangi kenakalan remaja, maka kita harus berfokus pada meningkatkan jumlah waktu interaksi antara orangtua dengan anak, seperti membatasi pergaulan mereka di luar rumah.

Tim Oposisi

Saya tidak setuju jika dikatakan penyebab utama kenakalan remaja adalah rendahnya kasih sayang dari orang tua.

Hal ini memang merupakan salah satu penyebabnya, tapi kita tidak bisa mengabaikan faktor lain seperti pergaulan yang kurang tepat.

Dengan demikian, pelarangan interaksi di luar lingkungan rumah tidak akan memberikan hasil yang optimal.

Moderator

Terima kasih kepada kedua tim atas argumen yang telah disampaikan. Debat ini memberikan wawasan yang berharga tentang faktor-faktor yang berkontribusi terhadap kenakalan remaja. Mari kita semua mengambil pelajaran dari perspektif yang beragam yang telah dibagikan hari ini.

6. Contoh Teks Debat tentang Media Sosial

Moderator

Selamat pagi/ siang/ malam kepada semua yang hadir. Kita akan memulai sesi debat dengan topik yang relevan dan menarik, yaitu “Pengaruh Media Sosial terhadap Pendidikan.” Pada hari ini, kita memiliki tim afirmasi yang meyakini bahwa media sosial memiliki dampak positif, dan tim oposisi yang berpendapat sebaliknya. Setiap tim akan memiliki waktu untuk menyampaikan argumen mereka. Mari kita mulai dengan tim afirmasi. Anda memiliki waktu 3 menit.

Tim Afirmasi

Seperti yang kita ketahui bersama, di era yang serba digital ini, jarak dan waktu bukanlah sebuah halangan. Media sosial telah menjembatani perbedaan tersebut. Melalui media sosial, siswa dapat membangun komunitas belajar dengan mudah.

Hal ini tentunya dapat meningkatkan keterampilan dan kemampuan siswa tanpa khawatir akan perbedaan jarak dan waktu.

Tim Oposisi

Saya kurang setuju dengan pendapat tim afirmasi. Pada kenyataannya, siswa akan dengan mudah teralih pada hal yang lain selain belajar. Contohnya saja menggunakan media sosial tersebut untuk berkomunikasi secara pribadi alih-alih belajar.

Selain itu, media sosial akan melemahkan interaksi sosial para pelajar di dunia nyata. Mereka akan sibuk dengan gawai dan media sosial masing-masing, serta tidak memperhatikan lingkungan sekitar.

Tim Afirmasi

Saya kurang setuju dengan pendapat tim oposisi yang menyatakan bahwa media sosial melemahkan interaksi sosial para pelajar di dunia nyata. Justru media sosial dapat membangun kepercayaan diri para pelajar yang mungkin tidak mereka miliki di dunia nyata.

Melalui media sosial, para pelajar tersebut bebas berargumentasi dan terlibat dalam kegiatan pembelajaran yang berlangsung pada media sosial. Hal tersebut tentu akan menambah kepercayaan diri mereka.

Tim Oposisi

Saya ingin menanggapi pernyataan dari tim afirmasi.

Memang benar para pelajar yang cenderung kurang berani dalam mengemukakan pendapat akan dapat membangun kepercayaan diri di media sosial. Akan tetapi, hanya dalam lingkup media sosial. Sedangkan kita hidup di dunia nyata. Lalu, buat apa itu semua?

Terlebih lagi jika pelajar tersebut menjadi bergantung pada media sosial yang pada akhirnya akan berimbas pada kecanduan terhadap media sosial. Hal ini tentu akan mengganggu pola interaksi antarindividu di dunia nyata.

Tim Afirmasi

Kecanduan terhadap media sosial dapat diatasi dengan menerapkan aturan yang tegas tentang waktu untuk mengakses media sosial.

Bukan hanya media sosial yang berpotensi untuk membuat candu, banyak hal lain juga dapat membuat seseorang bisa kecanduan. Akan tetapi, hal tersebut dapat diminimalisasi.

Singkatnya, tim kami percaya bahwa penggunaan media sosial memiliki banyak dampak positif jika digunakan secara tepat, seperti menumbuhkan rasa percaya diri seseorang, menambah pertemanan, dan membentuk suatu komunitas belajar.

Hal ini dapat terwujud jika diimbangi dengan pengawasan dari orang tua dan guru secara bersinergi.

Tim Oposisi

Memang kecanduan terhadap media sosial dapat diatasi dengan penerapan aturan yang tegas. Akan tetapi, apakah Anda yakin aturan tersebut benar-benar akan berjalan sesuai harapan?



Pada akhirnya, tim kami, yaitu tim oposisi tetap beranggapan bahwa penggunaan media sosial di lingkungan sekolah tidak membawa dampak yang baik karena para pelajar tersebut akan fokus pada dunia maya dan melupakan tujuan awal mereka menggunakan media sosial.

Selain itu, media sosial juga dapat menimbulkan rasa candu. Para siswa akan merasa gelisah ketika tidak mengakses media sosial. Pada akhirnya, mereka akan sibuk dengan media sosial dan mulai lupa waktu, sehingga mereka melupakan tugas utama, yaitu belajar.

Terima kasih.

Moderator

Terima kasih kepada kedua tim atas argumen yang telah disampaikan. Debat ini telah memberikan wawasan yang berharga tentang dampak media sosial terhadap individu dan masyarakat. Mari kita semua mengambil pelajaran dari perspektif yang beragam yang telah dibagikan hari ini, dan berpikir lebih dalam tentang bagaimana kita dapat memanfaatkan media sosial dengan bijaksana untuk mencapai hasil yang positif.

7. Contoh Teks Debat tentang Full Day School

Moderator

Selamat pagi kepada semua hadirin. Kita akan memulai sesi debat dengan topik yang menarik, yaitu “Keuntungan dan Kerugian Full Day School”.

Pada kesempatan ini, kita memiliki tim afirmasi yang percaya bahwa Full Day School memberikan manfaat positif, dan tim oposisi yang berpendapat sebaliknya. Setiap tim akan diberikan waktu untuk menyampaikan argumen mereka. Mari kita mulai dengan tim afirmasi. Anda memiliki waktu 3 menit.

Tim Afirmasi

Kami menyetujui keputusan pemerintah mengenai penerapan full day di sekolah karena hal tersebut dinilai sebagai hal yang baik. Adanya penerapan full day school dirasa mampu membuat siswa-siswa belajar secara optimal, tentu dengan diawasi langsung oleh guru pembimbing mata pelajarannya.

Tim Oposisi

Menurut tim kami, penerapan full day school perlu dipikirkan secara matang. Sebagai anak-anak, mereka juga membutuhkan waktu untuk mengembangkan diri sendiri dan bersosialisasi dengan keluarga maupun di lingkungan masyarakat di luar jam sekolah.

Moderator

Terima kasih kepada kedua tim atas argumen yang telah disampaikan. Debat ini telah memberikan wawasan yang berharga tentang berbagai aspek Full Day School. Mari kita semua mengambil pelajaran dari perspektif yang beragam yang telah dibagikan hari ini.

8. Contoh Teks Debat tentang Covid-19

Moderator

Selamat siang kepada semua hadirin. Kita akan memulai sesi debat dengan topik yang sangat relevan, yaitu “Dampak dan Tindakan terhadap Covid-19.” Pada kesempatan ini, kita memiliki tim afirmasi yang percaya bahwa tindakan pemerintah dalam mengatasi Covid-19 efektif, dan tim oposisi yang berpendapat sebaliknya. Setiap tim akan diberikan waktu untuk menyampaikan argumen mereka. Mari kita mulai dengan tim afirmasi. Anda memiliki waktu 3 menit.

Tim Afirmasi

Penggunaan vaksin merupakan satu di antara cara dan anjuran pemerintah untuk meminimalkan dan mengobati pengidap COVID-19. Jadi, sebagai warga negara yang baik, kita harus mematuhi aturan pemerintah agar terhindar dari COVID-19. Hal lain yang tak kalah penting juga adalah edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya vaksin bagi kesehatan.

Tim Oposisi

Aturan pemerintah tentang penggunaan vaksin memang menjadi hal yang sangat ditunggu masyarakat untuk mengatasi problem COVID-19. Namun, tidak semudah itu, banyaknya jenis vaksin yang digunakan tentu menjadi tanda tanya tersendiri bagi masyarakat. Hal ini tentu wajar terjadi, mengingat tidak sedikit masyarakat yang setelah menggunakan vaksin malah jadi tidak enak badan.

Moderator

Terima kasih kepada kedua tim atas argumen yang telah disampaikan. Debat ini telah memberikan wawasan yang berharga tentang berbagai aspek penanganan Covid-19. Mari kita semua belajar dari pandangan yang beragam yang telah dibagikan hari ini, dan terus mendukung upaya untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan masyarakat di tengah tantangan ini.

9. Contoh Debat tentang Internet

Moderator

Selamat pagi kepada semua hadirin. Kita akan memulai sesi debat dengan topik yang relevan dan menarik, yaitu “Dampak dan Peran Internet dalam Masyarakat Modern.” Pada hari ini, kita memiliki tim afirmasi yang percaya bahwa internet memiliki dampak positif yang signifikan, dan tim oposisi yang berpendapat sebaliknya. Setiap tim akan memiliki waktu untuk menyampaikan argumen mereka. Mari kita mulai dengan tim afirmasi. Anda memiliki waktu 3 menit.

Tim Afirmasi

Menurut kami, internet sangat bermanfaat dan membantu dalam kegiatan belajar mengajar, ada banyak ilmu yang bisa diambil di dalamnya sehingga ada baiknya untuk tidak membatasi penggunaan internet di lingkungan sekolah.

Tim Oposisi

Penggunaan Internet di lingkungan sekolah memang banyak manfaatnya, akan tetapi, ada juga sisi buruk atau negatifnya seperti melakukan hal-hal dengan menggunakan internet untuk keperluan yang tidak penting. Hal ini tentu tidak bermanfaat dan membuang-buang waktu.

Tim Afirmasi

Kami sangat setuju, penggunaan internet memang ada sisi negatifnya, namun hal itu tergantung dari masing-masing individu dalam memanfaatkan keberadaan internet. Apakah akan digunakan untuk mencari hal-hal positif maupun negatif.

Tim Oposisi

Yaps! Tentu saja, tetapi hal tersebut rasanya susah untuk dikendalikan, mengingat pada saat ini siswa-siswi di sekolah lebih cenderung menggunakan fasilitas internet untuk berselancar di media sosial dibanding mencari ilmu untuk kegiatan pembelajaran.

Moderator

Terima kasih kepada kedua tim atas argumen yang telah disampaikan. Debat ini telah memberikan wawasan yang berharga tentang berbagai aspek internet. Mari kita semua belajar dari pandangan yang beragam yang telah dibagikan hari ini dan terus memanfaatkan internet dengan bijaksana untuk mencapai hasil yang positif.

10. Teks Debat Singkat tentang Kesehatan dan Lingkungan

debat

sumber: shutterstock.com

Moderator

Selamat malam kepada semua hadirin. Kita akan memulai sesi debat dengan topik yang penting untuk kesehatan dan lingkungan, yaitu “Manfaat dan Risiko Konsumsi Daging Merah.” Pada kesempatan ini, kita memiliki tim afirmasi yang percaya bahwa konsumsi daging merah memiliki manfaat yang berharga, dan tim oposisi yang berpendapat sebaliknya. Setiap tim akan diberikan waktu untuk menyampaikan argumen mereka. Mari kita mulai dengan tim afirmasi. Anda memiliki waktu 3 menit.

Tim Afirmasi

Tidak berlebihan dalam mengkonsumsi daging merah tentu sangat berpengaruh baik bagi kesehatan. Hal ini didukung dengan berbagai hasil penelitian yang menyebutkan bahwa risiko terkena penyakit kanker, diabetes, dan jantung akan meningkat jika terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi daging merah.

Tim Oposisi

Mengurangi konsumsi daging merah tidak memberikan manfaat yang berarti bagi kesehatan. Beberapa ahli juga menyebutkan bahwa penelitian tersebut tidak didukung oleh bukti kuat sehingga tidak bisa dijadikan argumen bahwa mengkonsumsi daging merah secara berlebihan akan mengganggu kesehatan.

Ada banyak faktor lain yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan, oleh sebab itu, mengurangi konsumsi daging merah secara berlebihan bukan faktor utama untuk menghindari tubuh dari serangan berbagai macam penyakit.

Moderator

Terima kasih kepada kedua tim atas argumen yang telah disampaikan. Debat ini telah memberikan wawasan yang berharga tentang konsumsi daging merah dan dampaknya. Mari kita semua belajar dari pandangan yang beragam yang telah dibagikan hari ini dan terus berusaha untuk membuat pilihan makanan yang sejalan dengan kesehatan kita dan keberlanjutan lingkungan.

11. Contoh Teks Debat Singkat Beserta Strukturnya tentang Lingkungan

Moderator

Selamat pagi kepada semua hadirin. Kita akan memulai sesi debat dengan topik yang sering kita hadapi dalam kehidupan sehari-hari, yaitu “Manfaat dan Dampak Penggunaan AC.” Pada kesempatan ini, kita memiliki tim afirmasi yang percaya bahwa penggunaan AC memberikan manfaat yang berharga, dan tim oposisi yang berpendapat sebaliknya. Setiap tim akan diberikan waktu untuk menyampaikan argumen mereka. Mari kita mulai dengan tim afirmasi. Anda memiliki waktu 3 menit.

Tim Afirmasi

Tidak berlebihan dalam menggunakan AC tentu sangat berpengaruh baik bagi kesehatan. Hal ini didukung dengan dampak negatif yang ditimbulkan akibat penggunaan AC yang berlebihan. Salah satunya saja AC dapat membuat tubuh kita menjadi lebih lelah. Hal ini terjadi karenakurangnya udara segar alami yang masuk ke paru-paru. Selain itu, penggunaan AC yang berlebihan bisa menimbulkan gangguan syaraf serta gejala mual yang disertai sakit kepala.

Tim Oposisi

Mengurangi penggunaan AC belum tentu membuat tubuh lebih sehat. Malah dapat dibilang menggunakan AC bisa membuat tubuh kita lebih rileks akibat aktivitas yang dilakukan. Selain itu, penggunaan AC juga lebih baik karena udara dingin tidak langsung mengenai tubuh, namun udara. Daripada menggunakan alat pendingin lain, seperti kipas angin yang bisa kita atur sesuka hati.

Moderator

Terima kasih kepada kedua tim atas argumen yang telah disampaikan. Debat ini telah memberikan wawasan yang berharga tentang penggunaan AC dan dampaknya. Mari kita semua belajar dari pandangan yang beragam yang telah dibagikan hari ini, dan berusaha untuk menggunakan AC dengan bijaksana untuk mencapai kenyamanan tanpa mengorbankan kesehatan dan lingkungan.

12. Contoh Teks Debat dan Strukturnya tentang Alam

Moderator

Selamat siang kepada semua hadirin. Kita akan memulai sesi debat dengan topik yang sering kita hadapi dalam kehidupan sehari-hari, yaitu “Manfaat Menanam Pohon untuk Atasi Banjir”. Pada kesempatan ini, kita memiliki tim afirmasi yang percaya bahwa penggunaan AC memberikan manfaat yang berharga, dan tim oposisi yang berpendapat sebaliknya. Setiap tim akan diberikan waktu untuk menyampaikan argumen mereka. Mari kita mulai dengan tim afirmasi. Anda memiliki waktu 3 menit.

Tim Afirmasi

Tidak bisa dipungkiri bahwa banjir cukup sering dialami beberapa wilayah Indonesia jika musim penghujan tiba. Selain dapat mematikan tanaman, banjir juga akan berefek kepada kesehatan karena airnya yang naik dan aroma tidak sedap yang meluap ke udara. Tentu hal ini harus sama-sama kita cegah dengan berbagai cara, salah satunya penanaman pohon.

Selain itu, banjir juga mengakibatkan sampah-sampah yang dibuang sembarangan ikut naik ke atas yang tentu membuat apa yang kita hirup ke dalam paru-paru jadi tidak sehat.

Tim Oposisi

Jika mengatasi banjir dengan menanam pohon sebanyak mungkin, kita bisa lihat berapa banyak tanaman yang sudah ditanam namun tetap menghasilkan kejadian yang sama. Bahkan, pohon yang sifatnya menyerap air nyatanya bisa ikut tenggelam karena adanya banjir. Jadi, menanam pohon tidak bisa dijadikan solusi dalam mengatasi banjir.

Moderator

Terima kasih kepada kedua tim atas argumen yang telah disampaikan. Debat ini telah memberikan wawasan yang berharga tentang penanaman pohon dan dampaknya. Mari kita semua belajar dari pandangan yang beragam yang telah dibagikan hari ini, dan berusaha untuk menjaga lingkungan untuk meminimalisasi banjir.

13. Contoh Teks Debat tentang “Masih Perlukah Perpustakaan?”

Moderator:

Selamat pagi teman-teman semuanya, terima kasih atas kehadirannya. Pada kesempatan yang berbahagia ini kita semua akan membahas tentang keberadaan perpustakaan yang semakin tergeser.

Tim Afirmasi:

Kami berpendapat bahwa keberadaan internet memang menggeser posisi dari perpustakaan. Terlebih lagi, internet menyediakan sumber informasi yang sangat melimpah dan dapat diakses dengan waktu yang sangat cepat. Selain itu, kita tidak perlu repot untuk mengunjungi perpustakaan atau membeli buku untuk mencari informasi. Jadi, menurut kami, internet lebih efektif untuk mencari informasi jika dibandingkan dengan perpustakaan.

Tim Oposisi:

Kami tidak setuju dengan pendapat dari tim afirmasi, menurut kami perpustakaan merupakan sumber ilmu yang tidak bisa kita lupakan begitu saja. Perpustakaan juga menjadi tempat penyedia informasi yang kredibel karena sudah melalui berbagai macam proses sehingga sangat terjamin valid. Hal ini berbanding terbalik dengan informasi di internet yang belum tentu terbukti kebenaran informasinya.

14. Contoh Debat tentang TikTok

Moderator

Selamat pagi kepada semua hadirin. Kita akan memulai sesi debat dengan topik yang populer di era digital ini, yaitu “Manfaat dan Dampak Negatif TikTok.” Pada kesempatan ini, kita memiliki tim afirmasi yang percaya bahwa TikTok membawa manfaat yang positif, dan tim oposisi yang berpendapat sebaliknya. Setiap tim akan diberikan waktu untuk menyampaikan argumen mereka. Mari kita mulai dengan tim afirmasi. Anda memiliki waktu 3 menit.

Tim Afirmasi

  • Anggota 1 (A1): Terima kasih, moderator. Kami percaya bahwa TikTok memiliki potensi besar dalam mengembangkan kreativitas dan ekspresi diri. Platform ini memberikan kesempatan bagi individu untuk berbagi bakat mereka dalam berbagai bentuk seni, musik, tarian, dan lainnya.
  • Anggota 2 (A2): Betul, A1. Selain itu, TikTok juga mendorong inklusivitas dan keberagaman, menghubungkan orang dari berbagai latar belakang budaya dan etnis, serta membuka peluang bagi kolaborasi dan persahabatan baru.

Moderator

Terima kasih, Tim Afirmasi, atas argumen Anda. Sekarang, mari kita dengarkan argumen dari Tim Oposisi. Anda memiliki waktu 3 menit.

Tim Oposisi

  • Anggota 1 (O1): Terima kasih, moderator. Kami berpendapat bahwa TikTok juga membawa dampak negatif yang perlu diperhatikan. Konten yang tidak sesuai dan berpotensi merugikan terhadap anak-anak dan remaja sering muncul di platform ini tanpa pengawasan yang memadai.
  • Anggota 2 (O2): Benar, O1. Selain itu, penggunaan TikTok yang berlebihan dapat mengarah pada gangguan kesehatan mental, seperti perasaan rendah diri dan kecemasan sosial, karena tekanan untuk tampil sempurna dan mendapatkan pengakuan.

Moderator

Terima kasih, Tim Oposisi, atas argumen Anda. Mari kita lanjutkan dengan babak perdebatan bebas. Setiap tim akan diberikan waktu 2 menit untuk menyampaikan pertanyaan atau tanggapan terhadap argumen tim lawan. Kita akan bergantian antara tim afirmasi dan tim oposisi.

Tim Afirmasi

  • A1: Kepada Tim Oposisi, bagaimana Anda mengatasi pandangan bahwa TikTok dapat berfungsi sebagai media pendidikan informal, seperti tutorial belajar atau pengetahuan?
  • A2: Untuk Tim Oposisi, bagaimana Anda merespons argumen bahwa orang dewasa dapat berperan dalam mengawasi dan membimbing anak-anak dalam menggunakan TikTok?

Tim Oposisi

  • O1: Kepada Tim Afirmasi, bagaimana Anda menjawab keprihatinan bahwa banyak konten TikTok yang diikuti oleh remaja justru merangsang perilaku tidak sehat, seperti keinginan untuk menjadi terkenal dengan cara apa pun?
  • O2: Untuk Tim Afirmasi, bagaimana Anda mengatasi argumen bahwa konten viral di TikTok sering kali meremehkan atau mengejek individu atau kelompok tertentu?

Moderator

Terima kasih, tim-tim, atas pertanyaan dan tanggapan yang telah diberikan. Sekarang, mari kita lanjutkan dengan penutup dari masing-masing tim. Setiap tim akan diberikan waktu 2 menit.

Tim Afirmasi

  • A1: Kami percaya bahwa TikTok memiliki potensi positif yang signifikan dalam memfasilitasi kreativitas, keberagaman, dan koneksi sosial. Dengan pendekatan yang bijaksana, pengguna dapat mengeksplorasi manfaat dari platform ini.
  • A2: Benar, A1. Kami juga meyakini bahwa dengan edukasi dan pengawasan yang tepat, pengguna TikTok dapat memaksimalkan manfaatnya sambil menghindari risiko negatif.

Tim Oposisi

  • O1: Kami menganggap penting untuk mempertimbangkan dampak potensial dari konten TikTok yang tidak sesuai. Perlindungan terhadap anak-anak dan remaja serta pengelolaan kesehatan mental harus menjadi perhatian utama.
  • O2: Benar, O1. Kami meyakini bahwa kesadaran tentang risiko dan penggunaan yang bijaksana perlu ditanamkan dalam pengguna TikTok agar dapat meraih manfaat tanpa mengabaikan dampak negatifnya.

Moderator

Terima kasih kepada kedua tim atas argumen yang telah disampaikan. Debat ini telah memberikan wawasan yang berharga tentang penggunaan TikTok dan dampaknya. Mari kita semua belajar dari pandangan yang beragam yang telah dibagikan hari ini, dan terus berinteraksi secara positif dalam dunia digital.

15. Teks Debat Bahasa Indonesia tentang AI

Moderator

Selamat pagi/ siang/ malam kepada semua hadirin. Kita akan memulai sesi debat dengan topik yang sangat relevan dalam perkembangan teknologi, yaitu “Keuntungan dan Tantangan Penggunaan Kecerdasan Buatan (AI).” Pada kesempatan ini, kita memiliki tim afirmasi yang percaya bahwa penggunaan AI memiliki keuntungan yang besar, dan tim oposisi yang berpendapat sebaliknya. Setiap tim akan diberikan waktu untuk menyampaikan argumen mereka. Mari kita mulai dengan tim afirmasi. Anda memiliki waktu 3 menit.

Tim Afirmasi

  • Anggota 1 (A1): Terima kasih, moderator. Kami meyakini bahwa AI memberikan keuntungan besar dalam berbagai bidang. AI dapat digunakan untuk analisis data yang kompleks, membantu pengambilan keputusan yang lebih cerdas, dan mengidentifikasi pola yang sulit dikenali manusia.
  • Anggota 2 (A2): Betul, A1. Selain itu, AI juga memungkinkan otomatisasi tugas-tugas rutin, meningkatkan efisiensi dalam produksi dan layanan, serta menciptakan peluang baru dalam inovasi dan pengembangan teknologi.

Moderator

Terima kasih, Tim Afirmasi, atas argumen Anda. Sekarang, mari kita dengarkan argumen dari Tim Oposisi. Anda memiliki waktu 3 menit.

Tim Oposisi

  • Anggota 1 (O1): Terima kasih, moderator. Kami berpendapat bahwa penggunaan AI juga membawa tantangan yang signifikan. Ketakutan akan penggantian pekerjaan manusia oleh mesin AI dapat mengakibatkan pengangguran dan kesenjangan sosial yang lebih besar.
  • Anggota 2 (O2): Benar, O1. Selain itu, perkembangan AI juga membawa risiko keamanan dan privasi, dengan kemungkinan manipulasi dan penyalahgunaan data yang dapat membahayakan masyarakat.

Moderator

Terima kasih, Tim Oposisi, atas argumen Anda. Mari kita lanjutkan dengan babak perdebatan bebas. Setiap tim akan diberikan waktu 2 menit untuk menyampaikan pertanyaan atau tanggapan terhadap argumen tim lawan. Kita akan bergantian antara tim afirmasi dan tim oposisi.

Tim Afirmasi

  • A1: Kepada Tim Oposisi, bagaimana Anda menanggapi pandangan bahwa AI sebenarnya dapat meningkatkan kualitas pekerjaan manusia dengan membantu dalam tugas yang membutuhkan pemrosesan data yang kompleks?
  • A2: Untuk Tim Oposisi, bagaimana Anda menjelaskan bahwa perkembangan AI sekarang ini juga mencakup upaya dalam mengatasi tantangan privasi dan etika?

Tim Oposisi

  • O1: Kepada Tim Afirmasi, bagaimana Anda mengatasi keprihatinan bahwa ketergantungan berlebihan pada AI dapat menghambat kreativitas dan kemampuan pemecahan masalah manusia?
  • O2: Untuk Tim Afirmasi, bagaimana Anda merespons bahwa perkembangan AI yang cepat dapat meninggalkan sebagian masyarakat yang tidak memiliki akses atau pemahaman teknologi?

Moderator

Terima kasih, tim-tim, atas pertanyaan dan tanggapan yang telah diberikan. Sekarang, mari kita lanjutkan dengan penutup dari masing-masing tim. Setiap tim akan diberikan waktu 2 menit.

Tim Afirmasi

  • A1: Kami percaya bahwa perkembangan AI memberikan peluang besar dalam mengatasi kompleksitas dan memberikan solusi dalam berbagai bidang. Dengan pengawasan dan regulasi yang tepat, manfaat AI dapat dioptimalkan.
  • A2: Benar, A1. Kami juga meyakini bahwa upaya untuk mengintegrasikan teknologi ini secara inklusif dan memberdayakan masyarakat dalam menghadapi tantangan AI adalah kunci dalam memastikan hasil yang positif.

Tim Oposisi

  • O1: Kami menganggap penting untuk mempertimbangkan dampak sosial dan ekonomi dari perkembangan AI. Penanganan tantangan seperti penggantian pekerjaan dan risiko privasi harus diutamakan.
  • O2: Benar, O1. Kami meyakini bahwa dengan pendekatan berimbang yang memperhatikan aspek manusia dan teknologi, kita dapat meraih manfaat AI sambil menghindari risiko yang tidak diinginkan.

Moderator

Terima kasih kepada kedua tim atas argumen yang telah disampaikan. Debat ini telah memberikan wawasan yang berharga tentang penggunaan AI dan dampaknya. Mari kita semua belajar dari pandangan yang beragam yang telah dibagikan hari ini, dan berusaha untuk memanfaatkan teknologi AI dengan bijaksana untuk kebaikan manusia dan masyarakat.

16. Contoh Teks Debat tentang Narkoba

pertemanan

Sumber: Freepik.com

Tim Moderator

Narkoba jenis tertentu, sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia.  Biasanya digunakan sebagai pereda nyeri, obat bius maupun terapi medis lainnya. Bagaimana pendapat kalian mengenai hal ini?

Tim Afirmasi

Saya setuju dengan pernyataan tersebut karena memang pada kondisi tertentu bersifat urgen, penggunaan narkoba sangat diperlukan. Salah satunya, dipakai untuk mengatasi rasa nyeri setelah menjalani operasi.

Kondisi lainnya, narkoba, tepatnya golongan narkotika digunakan untuk mengatasi nyeri akibat penyakit kanker yang sedang diderita. Atau bisa juga keadaan nyeri lain yang tidak bisa diatasi dengan obat analgesik kategori rendah.

Tim Oposisi

Walaupun bermanfaat untuk kesehatan tubuh, pada kenyataannya banyak pengguna narkoba tidak semakin sehat justru sebaliknya.  Apalagi untuk penggunaan jangka waktu cukup panjang, menyebabkan tubuh mengalami kerusakan.

Tim Afirmasi

Pada dasarnya, penggunaan narkoba memang tidak boleh sembarangan, harus dilakukan oleh supervisi medis yang memang ahli dalam menentukan dosis. Bahkan pemberian resep juga sudah ada ketentuan khususnya.

Tim Oposisi

Tapi, masih ada saja kita temukan sebagian masyarakat bisa membeli produk narkoba, seperti narkotika di apotek tanpa resep khusus. Ditambah lagi ketika mereka bisa membelinya tanpa resep, berpotensi disalahgunakan dengan penggunaan dosis tinggi.

Selain merusak tubuh, juga menyebabkan timbulnya kecanduan. Belum lagi terkena dampak buruk lain, seperti dari segi ekonomi semakin menurun, kerap mengalami halusinasi dan bertindak kasar.

Tim Afirmasi

Mengenai penyalahgunaan itu kembali kepada pribadi masing-masing. Harusnya masyarakat sudah paham, ketika sudah kecanduan narkoba, akan banyak dampak negatif yang nantinya dirasakan.

Sebenarnya, selain ada resep khusus yang bisa ditebus di apotek, biasanya pembeli juga akan dimintai identitas berupa KTP. Sudah ada ketentuan jelas mengenai hal ini, sehingga bisa ditemukan pelanggaran, harusnya dikenai sanksi.

***

Nah, itulah ragam contoh teks debat beserta strukturnya yang bisa kamu ketahui.

Semoga bermanfaat, Property People.

Baca artikel penting seputar properti di Berita.99.co.

Kamu juga bisa dapatkan update terkini melalui Google News Berita 99.co Indonesia.

Sedang mencari rumah impian? Cek pilihannya di www.99.co/id karena beli rumah bisa #segampangitu bersama kami!



Gadis Saktika

Gadis Saktika adalah Content Writer di 99 Group yang sudah berkarier sebagai penulis dan wartawan sejak tahun 2019. Lulusan Bahasa dan Sastra Indonesia UPI ini senang menulis tentang etnolinguistik, politik, HAM, gaya hidup, properti, dan arsitektur.
Follow Me:

Related Posts