Rumah Tips & Trik

Kenapa Token Listrik Gagal padahal Sudah Benar dan Cara Mengatasinya

3 menit

Kenapa token listrik gagal padahal sudah benar sering kali dialami oleh sebagian pelanggan PLN? Jika ingin tahu apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya, simak informasinya, yuk!

Property People, apakah kamu pernah mengisi token listrik dengan benar, tetapi muncul informasi bahwa token yang diisi tersebut gagal?

Hal ini pastinya membuat bingung terutama bagi kamu yang baru pertama kali mengalaminya.

Dalam layanan listrik prabayar, jika token terisi dengan benar, akan muncul tulisan “Benar” atau “Accept”, sedangkan token listrik gagal akan muncul tulisan “Salah” atau “Reject”.

Hanya saja, kalau 20 digit pulsa listrik yang diisi tersebut gagal terus pada meteran listrik, kemungkinan besar terjadi masalah atau eror.

Lantas, apa penyebab token listrik gagal terus padahal sudah benar?

Melansir akun YouTube Ilmu Listrik dan keterangan PLN, simak penjelasannya di bawah ini!

Kenapa Token Listrik Gagal padahal Sudah Benar

1. kWh Over Limit

kenapa token listrik gagal padahal sudah benar

Sumber: YouTube/Ilmu Listrik

Kenapa token listrik gagal padahal sudah benar bisa terjadi karena kWh over limit.

Over limit kWh adalah ketika pembelian token listrik melebihi batas maksimal sesuai dengan daya yang digunakan.

Jika batas ini terlampaui, sistem akan menolak token listrik yang baru kamu beli.

Jadi, pengguna tidak dapat melakukan pengisian token dan mesin meteran listrik berpotensi mengalami gangguan.

Pasalnya, PLN telah menetapkan limit atau batas maksimal pembelian token listrik per bulan sesuai daya yang digunakan.

Kalau hal ini terjadi, jangan dipaksakan untuk terus mengisi pulsa listrik karena jika token listrik gagal 3 kali, meteran akan terblokir.

Baca Juga: 7 Ciri Ciri Token Listrik Diblokir dan Penyebabnya, Jangan Anggap Sepele!

2. Meteran Rusak

Meteran listrik adalah perangkat penting yang berfungsi untuk mencatat penggunaan listrik dan menerima token listrik.

Nah, jika meteran listrik rusak, berbagai masalah dapat terjadi, termasuk gagal membaca token.

Menurut PLN, beberapa meteran akan menampilkan pesan eror tertentu jika terjadi masalah saat selesai pengisian token yang sudah benar, seperti kode eror PLN tulisan “periksa” atau kode eror lainnya.

3. Server PLN Mengalami Gangguan

Kenapa token listrik gagal padahal sudah benar dapat terjadi karena adanya gangguan dari PLN.

Ketika server PLN mengalami gangguan, sistem yang digunakan untuk memproses data token listrik akan terganggu sehingga token yang kamu masukkan tidak dapat terbaca dengan benar.



Biasanya, gangguan server PLN bersifat sementara.

Jadi, tunggu beberapa saat dan coba masukkan kembali token listrik yang sudah kamu beli sebelumnya.

4. Meteran Keluaran Lama

kenapa token listrik gagal padahal sudah benar

Sumber: X/PLN_123

Penyebab token listrik gagal padahal sudah benar adalah berasal dari meteran yang digunakan.

Menurut beberapa pengalaman pelanggan PLN di akun X @pln_123, petugas PLN menyatakan bahwa kenapa isi token listrik selalu gagal karena meteran yang dipakai merupakan keluaran lama.

“Meterannya diganti yang baru, katanya meteran yang lama udah gak berlaku jadi ngisi token gak bisa,” cuit pengguna X @zigicpmgks di laman X @pln_123.

Untuk itu, segera ajukan penggantian meteran tua tersebut ke PLN secara gratis.

Nah, kalau kamu mengalami gagal memasukan token listrik, jangan panik karena ada beberapa cara untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi Token Listrik Gagal Terus

kenapa token listrik gagal padahal sudah benar

Sumber: pln.co.id

Solusi token listrik gagal terus adalah melaporkannya pada PLN melalui PLN Mobile.

Menurut keterangan PLN, kamu dapat mengajukan pengaduan tersebut agar ditindaklanjuti oleh PLN supaya lebih aman dan nyaman.

Berikut adalah cara mengatasi token listrik gagal terus:

  • Buka aplikasi PLN Mobile.
  • Pada halaman utama, klik menu “Pengaduan”.
  • Pilih jenis pengaduan.
  • Masukkan ID pelanggan atau nomor meter pada kolom yang tersedia.
  • Selanjutnya, klik “Lanjutkan”.
  • Tulis deskripsi laporan secara lengkap dan lampirkan bukti foto pembelian token dan keterangan pada meteran listrik.
  • Pilih “Kirim Pengaduan”.
  • Tunggu pihak PLN menghubungi kamu untuk menindaklanjutinya.
  • Selesai.

***

Semoga pembahasannya bermanfaat, ya.

Yuk, baca artikel lainnya hanya di Berita.99.co.

Follow juga Google News kami agar tidak ketinggalan informasi terkini seputar rumah dan tips hunian.

Kamu lagi mencari properti yang nyaman dan terjangkau?

Kunjungi www.99.co/id dan temukan berbagai promo yang #segampangitu sekarang juga!



Ilham Budhiman

Content Editor
Lulusan Sastra Daerah Unpad yang pernah berkarier sebagai wartawan sejak 2017 dengan fokus liputan properti, infrastruktur, hukum, logistik, dan transportasi. Saat ini, fokus sebagai penulis artikel di 99 Group.
Follow Me:

Related Posts