Ada banyak faktor yang menentukan kesuksesan sebuah bisnis, salah satunya yaitu lokasi usaha. Simak kriteria lokasi usaha yang strategis agar bisnis berkembang dan menguntungkan di artikel ini!
Tempat usaha yang strategis bisa jadi penentu laris manisnya produk atau jasa yang ditawarkan.
Misalnya, kamu memiliki usaha pet shop, maka, pilihlah tempat yang berlokasi di jalan besar atau ramai.
Lokasi yang mudah dijangkau atau mudah ditemukan akan berpengaruh besar terhadap sedikit banyaknya pengunjung yang datang ke tempatmu.
Makanya, sangat penting untuk memastikan usahamu berada di lokasi yang strategis.
Seperti apa ciri lokasi usaha yang strategis? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini!
6 Kriteria Lokasi Usaha yang Strategis agar Bisnis Untung
1. Akses Lokasi Mudah Dijangkau
Kriteria lokasi usaha yang strategis pertama yaitu tempat usaha berada di lokasi yang baik dengan akses yang mudah dijangkau.
Poin ini dapat memengaruhi kenyamanan konsumen kamu saat menuju lokasi usaha.
Contohnya, kamu mempunyai usaha kafe atau tempat makan, tetapi lokasinya berada di suatu jalan yang hanya bisa dilalui motor.
Hal ini membuat konsumen yang mengendarai mobil sulit atau malas mengunjungi tempat makanmu.
Jika datang pun, mungkin nantinya tidak akan kembali berkunjung lagi.
Cobalah pilih akses jalan yang mudah dihafal, dekat dengan keramaian, serta ramah untuk pengendara motor dan mobil.
Baca Juga: 22 Peluang Usaha Rumahan Paling Menjanjikan yang Tidak Ada Matinya
2. Tempat Usaha yang Mudah Terlihat
Kedua, kriteria lokasi usaha yang strategis dan baik ialah tempatnya mudah terlihat.
Jika usaha kamu adalah ritel, fashion, kuliner, photocopy, dan sebagainya, usakan di tempat yang dilalui banyak orang.
Sehingga, toko kamu dapat menarik perhatian konsumen serta menekan biaya promosi.
3. Biaya Penyewaan Tempat yang Pas
Jika lokasi usaha cukup strategis, wajar saja harga sewanya tinggi.
Kamu harus pintar membuat kalkulasi yang cermat sebelum memutuskan menyewa tempat tersebut.
Jika kamu memiliki budget anggran untuk membangun sendiri tempat usaha tentu itu lebih bagus!
Baca Juga: 8 Cara Buka Warung Sembako Modal Kecil untuk Pemula
4. Jangan Memilih Lokasi yang Sudah Banyak Kompetitor
Jika ingin tempat usaha laris dan berkembang, sebaiknya kamu tidak memilih lokasi yang di sekitarnya banyak kompetitor dengan usaha serupa.
Alasannya, meskipun bisnis yang kamu geluti dibutuhkan banyak orang atau sedang hits, tetapi jika banyak pesaing, persentase pengunjungmu pun relatif lebih kecil.
Solusi terbaik yaitu memilih lokasi usaha yang belum banyak pesaing atau memastikan usahamu punya nilai tambah untuk konsumen yang berbeda dengan kompetitor.
5. Cari Tempat Usaha yang Dekat dengan Konsumen
Kriteria lokasi usaha yang strategis selanjutnya yaitu berada dekat dengan konsumen atau pembeli.
Misalnya, jika kamu membuka usaha laundry, kamu bisa memilih lokasi di dekat kompleks perumahan atau apartemen.
Strategi ini juga bisa dianggap sebagai strategi jemput bola, sehingga konsumen tidak sulit mendapatkan jasa yang dibutuhkannya.
Baca Juba: 5 Ide Usaha yang Tidak Pernah Sepi Pembeli. Cuan Datang Terus!
6. Tempat Usaha Punya Area Parkir
Kriteria lokasi usaha yang strategis terakhir yaitu memastikan tempat usahamu punya lahan parkir yang memadai untuk motor maupun mobil.
Hal ini sangat krusial apalagi di kota-kota besar karena mayoritas pembeli masih datang menggunakan kendaraan pribadi.
Ketersediaan lahan parkir juga turut memperluas konsumen potensial yang akan mengunjungi tempat usahamu.
***
Semoga informasi di atas bermanfaat untukmu, ya!
Yuk, baca artikel menarik lainnya seputar keuangan, bisnis, hingga properti hanya di Berita 99.co Indonesia
Kamu sedang mencari harga rumah murah? Temukan di 99.co/id.