Ketika membuat proposal, pastikan kamu menyusun informasinya dengan jelas, ya. Sebagai referensi, berikut sejumlah contoh proposal penelitian yang baik dan benar!
Membuat proposal penelitian memang cukup sulit jika kamu tidak terbiasa melakukannya.
Pasalnya, kamu harus paham terlebih dahulu mengenai masalah atau fenomena apa yang ingin diteliti.
Selain itu, kamu juga harus visioner dalam membayangkan hasil akhir dari penelitian tersebut.
Nah, daripada bingung sendiri, kamu bisa mempelajari beberapa contoh proposal penelitian berikut ini!
Struktur Proposal Penelitian
Proposal penelitian biasanya berisi usulan mengenai suatu masalah atau fenomena untuk diteliti.
Fungsi utamanya adalah untuk meyakinkan orang lain bahwa penelitian yang diusulkan memang penting untuk dilakukan.
Selain itu, proposal ini bisa menjadi kerangka acuan bagi peneliti untuk menjalankan riset agar berjalan di jalur yang benar.
Bagian-bagian di dalamnya adalah sebagai berikut:
- Judul utama
- Latar belakang masalah
- Rumusan masalah
- Batasan masalah
- Tujuan masalah
- Manfaat penelitian
- Metode penelitian
Contoh Proposal Penelitian yang Baik
1. Penelitian tentang Budaya
Judul Penelitian
Keragaman Budaya Adat dalam Pernikahan Masyarakat Jawa
Latar Belakang Penelitian
Pernikahan masyarakat Jawa masih kental dengan unsur budaya adat yang berpatokan pada tradisi dari Keraton. Nilai-nilai luhurnya tercermin dari desain busana, tata rias, hingga susunan acara yang seluruhnya mengandung makna simbolik.
Karena itulah di dalamnya ada banyak rangkaian upacara yang harus calon pengantin lalui. Selain itu, busana pengantin yang dikenakan pun masih kental dengan sentuhan tradisional. Setiap elemen dalam rangkaian acara maupun busana pengantin ini memiliki arti simbolis yang menjadi cerminan dari corak kebudayaan masyarakat Jawa.
Di Yogyakarta sendiri, fenomena ini masih sering terlihat dalam upacara pernikahan. Rangkaian upacara pernikahan serta baju adat pengantinnya mencerminkan nilai-nilai dan ajaran tentang bagaimana seharusnya masyarakat Yogyakarta bertingkah laku dalam kehidupan sehari-hari.
Fokus Permasalahan
Penelitian ini akan berfokus pada makna simbolik yang terkandung dalam peralatan upacara pengantin serta fungsi busana pengantin adat Yogyakarta.
Rumusan Masalah
- Apa sajakah makna simbolik yang terkandung di dalam busana pengantin adat Yogyakarta?
- Apakah fungsi busana pengantin adat Yogyakarta?
Tujuan Penelitian
- Memperluas pemahaman terkait makna simbolik peralatan upacara pengantin adat Yogyakarta.
- Memahami serta mendeskripsikan fungsi busana pengantin adat Yogyakarta.
Manfaat Penelitian
Penelitian ini dapat menggali nilai-nilai tradisional yang terdapat pada busana tradisional pengantin Yogyakarta. Hasil penelitian ini harapannya dapat bermanfaat bagi:
- Peneliti, sebagai sarana untuk meningkatkan apresiasi terhadap peralatan upacara pengantin adat Yogyakarta mengenai makna simbolik yang terkandung di dalamnya dan meningkatkan pengetahuan tentang fungsi busana pengantin adat Yogyakarta tersebut.
- Mahasiswa Program Studi Bahasa Jawa sebagai sarana untuk menambah pengetahuan dan wawasan tentang busana pengantin adat Yogyakarta.
Teknik Analisis Data
Penelitian ini akan berlangsung dengan menggunakan metode kualitatif, khususnya teknik analisis induktif. Langkah-langkah penelitiannya adalah
- inventarisasi atau pengumpulan data melalui observasi berpartisipasi dan wawancara mendalam,
- identifikasi dari data yang telah terkumpul sesuai dengan topik penelitian, dan
- klasifikasi atau pengelompokkan data dari hasil wawancara yang telah berlangsung.
2. Contoh Proposal Penelitian tentang Pendidikan Anak
3. Penelitian Efek Game Online
Judul Penelitian
Pengaruh Game Online pada Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Bandung.
Latar Belakang Masalah
Belakangan ini, generasi muda semakin gemar bermain game online. Ini dibuktikan dengan adanya kecendrungan para remaja Sekolah Menengah Atas (SMA) untuk menghabiskan waktunya bermain game.
Ini terlihat dari hasil observasi pra penelitian pada tanggal 25-27 Juni 2022 di kelas X SMAN 1 Bandung yang menunjukkan bahwa 60 persen siswa tampak lebih banyak menghabiskan waktunya untuk bermain game online. Persentase ini berasal dari analisis data yang didapatkan dari penyebaran angket.
Selain itu, siswa yang lebih banyak menghabiskan waktu untuk belajar cenderung kehilangan motivasi belajar. Mereka lebih senang menggunakan waktunya untuk bermain serta bermalas-malasan.
Untuk memahami fenomena ini lebih lanjut, maka peneliti merasa perlu melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Game Online pada Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Bandung”.
Batasan Masalah
- Tingginya intensitas bermain game online pada siswa kelas X SMAN 1 Bandung.
- Motivasi belajar siswa kelas X SMAN 1 Bandung yang rendah.
Rumusan Masalah
- Apakah kegiatan bermain game online mempengaruhi motivasi belajar siswa kelas X SMAN 1 Bandung?
Kajian Teori
Proposal penelitian ini akan mencantumkan dua teori, yakni terkait motivasi belajar serta game online. Cakupannya meliputi pengertian, jenis, fungsi, serta faktor-faktor lainnya yang dapat mempengaruhi penelitian.
Hipotesis
Adanya pengaruh negatif serta signifikan antara variabel kegiatan bermain game online dengan motivasi belajar siswa di kelas X SMAN 1 Bandung.
Desain Penelitian
Peneliti akan menggunakan desain ex-post facto dalam upaya dalam meneliti sesuatu fakta yang sudah terjadi di lapangan. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif sehingga dapat menghasilkan data berwujud kumpulan angka.
4. Contoh Penelitian Perilaku Siswa SMA
***
Semoga kumpulan contoh proposal penelitian ini bermanfaat untukmu, ya.
Temukan artikel menarik lainnya hanya di Google News Berita 99.co Indonesia.
Jangan lupa, kunjungi juga www.99.co/id dan Rumah123.com yang selalu #AdaBuatKamu untuk menemukan hunian impian.
Ada beragam penawaran menarik, seperti perumahan di Rosalie Hills.