Berita Berita Properti

Terungkap Alasan Rute Kereta Cepat Jakarta Bandung Tidak Sampai Kota Bandung. Kekurangan Anggaran?

2 menit

Meski dibangun untuk menghubungkan Kota Jakarta dan Bandung, Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) hanya dirancang sampai Stasiun Tegalluar di Padalarang, Kabupaten Bandung. Apa alasannya?

KCJB yang saat ini tengah dibangun ternyata tidak sampai menjangkau hingga ke pusat Kota Bandung.

Padahal, jarak dari Stasiun Tegalluar dan Stasiun Hub Padalarang menuju ke pusat Kota Bandung sekitar 19 kilometer dengan waktu tempuh 39 menit.

Lantas, apa alasan di balik rute tersebut dan bagaimana cara warga melanjutkan perjalanan ke Kota Bandung?

Daripada penasaran, langsung saja simak ulasannya di bawah ini!

Kereta Cepat Jakarta Bandung Tidak Sampai Kota Bandung

Kereta Cepat Jakarta Bandung dan Kendala Biaya yang Mahal

Dilansir dari laman kompas.com, KCJB nantinya bakal memiliki empat stasiun, meliputi Stasiun Halim Jakarta, Stasiun Karawang, Stasiun Hub Padalarang, dan Stasiun Tegalluar Bandung.

Proyek KCJB sendiri dibangun sepanjang 142,3 kilometer. Progres konstruksi terbarunya telah mencapai 79 persen.

Presiden Director PT KCIC Dwiyana Slamet Riyadi mengungkapkan alasan tidak membangun trase hingga ke pusat Kota Bandung.

Menurutnya hal itu karena terkendala biaya pembebasan lahan yang sangat mahal.

“Jadi trase KCJB tidak sampai kota, melainkan sampai Padalarang di Kabupaten Bandung Barat, dan Tegalluar di Kabupaten Bandung,” kata Dwiyana dalam seminar nasional bertajuk ‘Metode dan Teknologi Bidang Konstruksi’, Rabu (08/12/2021).



Bagaimana Melanjutkan Perjalanan Setelahnya?

alasan jokowi pilih china di proyek kereta cepat jakarta bandung

Sumber: kcic.co.id

Dengan demikian, penumpang KCJB harus melanjutkan perjalanan sekitar 19 kilometer untuk menuju pusat Kota Bandung dengan beralih ke transportasi lain.

Meski begitu, dia menyampaikan akan dibangun Stasiun Hub Padalarang di Bandung Barat, untuk memudahkan akses para penumpang KCJB yang ingin melanjutkan perjalanan ke pusat kota.

Ke depannya KCJB akan terhubung dengan layanan kereta api eksisting yaitu Stasiun Kereta Api Kota Bandung dan Stasiun Cimahi.

“Jadi KCJB itu melewati Bandung Bagian Barat yaitu Stasiun Hub Padalarang sekaligus menjadi stasiun interkonektivitas dengan layanan eksisting yang menghubungkan layanan kereta cepat dengan Stasiun Kota Bandung dan Cimahi,” ujar Dwiyana.

Nantinya, kereta cepat akan memenuhi kebutuhan transportasi seluruh Kota Bandung, termasuk di ujung trase yaitu Stasiun Tegalluar.

“Stasiun Tegalluar itu untuk melayani masyarakat yang tinggal di Bandung Bagian Timur,” imbuhnya.

***

Itulah asalan kenapa alasan rute Kereta Cepat Jakarta Bandung dirancang tidak sampai Kota Bandung.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Sahabat 99!

Simak juga artikel menarik lainnya di Berita 99.co Indonesia.

Sedang mencari perumahan impian di Kebayoran Baru?

Kunjungi 99.co/id dan temukan beragam pilihan perumahan seperti di Precium Kebayoran Baru.



Nita Hidayati

Penulis konten
Follow Me:

Related Posts