Bahasa Pendidikan

15 Contoh Soal Teks Diskusi Kelas 9 Pilhan Ganda dan Jawabannya yang Mudah Dipelajari

4 menit

Contoh soal teks diskusi kelas 9 pilihan ganda dan jawabannya wajib dipelajari bagi guru atau siswa sekolah agar lebih memahami mengenai materi yang satu ini.

Teks diskusi adalah salah satu topik atau materi yang dipelajari di kelas 9 (IX), Property People.

Menurut buku Bahasa Indonesia SMP/MTS Kelas IX oleh Agus Trianto, dkk., tujuan pembelajaran teks diskusi kelas IX antara lain untuk menyusun ragangan teks diskusi, mengenal tujuan, fungsi, ciri-ciri, struktur, hingga kebahasaan teks diskusi.

Dalam buku tersebut, teks diskusi disusun untuk menyajikan pendapat, sudut pandang, atau perspektif yang berbeda terhadap suatu permasalahan.

Contoh teks diskusi kelas 9 di antaranya penyusunan kegiatan OSIS pada pengurusan baru atau diskusi mengenai acara debat di sekolah.

Nah, sebelum menyimak latihan soal teks diskusi kelas 9, pahami pengertian dan struktur teks diskusi di bawah ini!

Apa Itu Teks Diskusi?

soal teks diskusi kelas 9

Sumber: Unsplash/Ed Us

Menurut buku Diskusi Menggapai Demokrasi (Tanggapan Kritis dan Diskusi) Bahasa Indonesia Paket B Setara SMP/MTs Kelas IX oleh Imam Mustofa, teks diskusi adalah teks yang memberikan dua atau lebih pendapat berbeda mengenai suatu persoalan.

Dua pendapat yang berbeda itu adalah pro dan kontra (mendukung dan menolak) yang mengakibatkan kedua pihak saling menyampaikan masalah yang menjadi persoalan pada diskusi.

Selain itu, teks diskusi juga bisa didefinisikan sebagai tulisan yang mengulas sebuah masalah dengan disertai pendapat yang mendukung maupun yang menolak dan diakhiri dengan simpulan atau rekomendasi penulis.

Adapun, struktur teks diskusi antara lain isu, argumen pendukung (pro), argumen menolak (kontra), dan simpulan.

Sudah paham pengertian teks diskusi?

Sekarang, saatnya untuk membuat soal teks diskusi kelas 9 dengan melihat berbagai contohnya yang dilansir dari buku Diskusi Menggapai Demokrasi (Tanggapan Kritis dan Diskusi) Bahasa Indonesia Paket B Setara SMP/MTs Kelas IX dan sumber lainnya.

Soal Teks Diskusi Kelas 9 Pilihan Ganda dan Jawabannya

contoh soal teks diskusi kelas 9 pilihan ganda dan jawabannya

Sumber: Unsplash/Ed Us dan buku Diskusi Menggapai Demokrasi (Tanggapan Kritis dan Diskusi) Bahasa Indonesia Paket B Setara SMP/MTs Kelas IX

1. Teks diskusi bertujuan untuk mengetengahkan….

a. Sudut pandang terfokus
b. Dua sudut pandang berbeda
c. Beberapa sudut pandang yang sama
d. Sudut pandang para ahli

Jawaban: B

2. Tanggapan atau pertanyaan dalam diskusi disampaikan dengan bahasa….

a. Ringkas, padat, dan singkat
b. Logis, jelas dan berbelit-belit
c. Jelas, santun, dan tidak berbelit-belit
d. Komunikatif, kritis dan memaksa

Jawaban: C

3. Apa fungsi utama dari teks diskusi?

a. Membuat pembaca tersanjung
b. Menggiring emosi pembaca untuk setuju dengan penulis
c. Meraih kesepakatan atau satu kesepahaman terhadap suatu persoalan
d. Menyampaikan fakta tanpa argumen

Jawaban: C

4. Mana yang bukan merupakan bagian dari struktur teks diskusi?

a. Isu
b. Argumen
c. Narasi
d. Simpulan

Jawaban: C

5. Apa yang dimaksud dengan argumen mendukung dalam teks diskusi?

a. Argumen yang menentang pandangan penulis
b. Argumen yang memberikan solusi untuk masalah
c. Argumen yang mendukung pandangan penulis
d. Argumen yang bersifat netral

Jawaban: C

6. Bagian isu atau topik pokok masalah yang dipaparkan pada teks diskusi terdapat pada paragraf….

a. Mayoritas anak di bawah umur dari kalangan menengah ke atas sudah memiliki gadget untuk keperluan interaksi dengan teman-temannya. Parahnya anak-anak tidak mau berhenti dan kecanduan bermain gadget yang diberikan orang tuanya.
b. Gadget berdampak buruk bagi perkembangan diri anak. Anak-anak tidak akan bisa bersosialisasi dengan orang lain dan orang di sekitarnya. Mereka sibuk dengan diri sendiri.
c. Penggunaan gadget memiliki efek samping, seperti menimbulkan sakit pada bagian tubuh tertentu jika lama menggunakannya. Gangguan sakit itu mulai dari nyeri leher, bahu, hingga cidera. Beberapa cidera datang dengan tiba-tiba dan ada yang berulang.
d. Bermain gadget Bersama orang tua merupakan pengalaman yang menyenangkan.
Kegiatan ini dapat membangun ikatan emosional antara anak dan orang tua.



Jawaban: B

7. Berikut adalah contoh kalimat yang termasuk dalam bagian isu atau gagasan dalam teks diskusi, kecuali….

a. “Pemanasan global menjadi permasalahan serius yang perlu segera ditangani.”
b. “Penggunaan plastik sekali pakai harus dibatasi untuk mengurangi pencemaran lingkungan.”
c. “Berbagai upaya bisa dilakukan untuk memerangi perubahan iklim.”
d. “Tingkat kebahagiaan masyarakat meningkat seiring dengan peningkatan ekonomi.”

Jawaban: D

8. “Pembatasan penggunaan media sosial pada remaja sebaiknya diberlakukan secara ketat demi menjaga kesehatan mental mereka. Meskipun media sosial dapat menjadi sarana interaksi sosial, penggunaan yang berlebihan dapat menyebabkan dampak negatif seperti depresi dan kecemasan.”
Pernyataan di atas merupakan bagian dari….

a. Pendahuluan
b. Argumen Pro
c. Argumen Kontra
d. Simpulan/Saran

Jawaban: B

9. “Perkembangan teknologi membawa dampak positif dan negatif bagi kehidupan manusia. Meskipun mempermudah berbagai aktivitas, terlalu bergantung pada teknologi juga dapat mengurangi kualitas interaksi sosial manusia.”
Apa inti paragraf dari kutipan teks tersebut?

a. Dampak positif teknologi
b. Dampak negatif teknologi
c. Ketergantungan pada teknologi
d. Kualitas interaksi sosial

Jawaban: C

10. “Meskipun teknologi membantu menghubungkan orang-orang yang jauh, kita harus mengakui bahwa hal itu juga menciptakan kesenjangan sosial. Tidak semua orang memiliki akses yang sama terhadap teknologi, sehingga ada risiko memperdalam kesenjangan ekonomi dan pendidikan.”
Kutipan teks diskusi tersebut termasuk bagian dari…

a. Pendahuluan
b. Argumen Pro
c. Argumen Kontra
d. Simpulan/Saran

Jawaban: C

11. Apa yang dimaksud dengan kata “kesenjangan” dalam konteks teks diskusi tersebut?

a. Perbedaan pendapat
b. Perbedaan status sosial
c. Perbedaan teknologi
d. Perbedaan kebijakan

Jawaban: B

12. Kata hubung yang tepat untuk menggabungkan dua argumen yang bertentangan dalam teks diskusi adalah….

a. Meskipun
b. Atau
c. Tetapi
d. Bahkan

Jawaban: C

13. Apa struktur yang membangun teks diskusi dalam kutipan berikut?
“Masih ada perdebatan tentang apakah penggunaan teknologi informasi harus dibatasi atau tidak. Namun, yang pasti adalah perlunya kesadaran akan dampak-dampak negatif yang mungkin timbul dari penggunaan yang berlebihan.”

a. Gagasan utama
b. Kesimpulan
c. Pendukung satu sudut pandang
d. Pendukung sudut pandang lainnya

Jawaban: B

14. Bacalah teks berikut!
(1) Memiliki telepon seluler pintar memang menyenangkan. (2) Tidak hanya menghibur, ponsel pintar tersebut juga bermanfaat untuk membantu pekerjaan. (3) Tidak heran jika penggunanya terus bertambah. (4) Namun, perangkat canggih itu menyimpan efek buruk yang dapat mengganggu kesehatan.
Kalimat yang menyatakan pertentangan terdapat pada nomor….

a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)

Jawaban: D

15. Bacalah teks berikut!
(1) Kebakaran hutan dan lahan pada 2017 semakin meluas. (2) Titik panas kebakaran pun semakin banyak setiap harinya. (3) Titik panas bukan saja terjadi di daerah yang biasa mengalami kebakaran, tetapi daerah baru pun cukup banyak. (4) Keadaan ini harus cepat di atasi. Jika tidak diatasi, semua hutan akan terbakar.
Pernyataan yang mendukung masalah terdapat pada kalimat….

a. (2) dan (3)
b. (2) dan (4)
c. (3) dan (5)
d. (4) dan (5)

Jawaban: A

***

Itulah beberapa contoh soal teks diskusi kelas 9 pilihan ganda dan jawabannya.

Semoga membantu, ya!

Simak berbagai artikel pendidikan lainnya di Berita.99.co.

Jangan lupa, ikuti pula Berita 99.co di Google News.

Jika sedang mencari hunian, dapatkan rekomendasi terbaiknya lewat www.99.co/id.

Kini, menemukan hunian yang sesuai kriteria jadi #segampangitu bersama kami!

Referensi

  • Mustofa, Imam. 2020. Diskusi Menggapai Demokrasi (Tanggapan Kritis dan Diskusi) Bahasa Indonesia Paket B Setara SMP/MTs Kelas IX. Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus–Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah–Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  • Trianto, Agus, Harsiati, Titik, dkk. 2018. Bahasa Indonesia SMP/MTS Kelas IX. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.


Ilham Budhiman

Content Editor
Lulusan Sastra Daerah Unpad yang pernah berkarier sebagai wartawan sejak 2017 dengan fokus liputan properti, infrastruktur, hukum, logistik, dan transportasi. Saat ini, fokus sebagai penulis artikel di 99 Group.
Follow Me:

Related Posts