Finansial Investasi

7 Strategi Pemasaran dengan Anggaran Minim | Ampuh Tarik Pelanggan!

3 menit

Strategi pemasaran yang tepat adalah salah satu kunci keberhasilan bisnis. Oleh sebab itu, Anda perlu merancangnya dengan cermat. Agar dapat menjangkau lebih banyak pelanggan meski anggaran minim.

Bukan hanya untuk menarik calon konsumen, strategi yang baik juga akan membuat pengeluaran Anda lebih efektif.

Sebanyak apapun uang yang dimiliki oleh sebuah bisnis, akan habis percuma tanpa adanya strategi pemasaran yang baik.

Sebaliknya, meski anggaran minim, hasilnya akan sangat memuaskan jika rencana Anda tepat sasaran.

Yuk, simak beberapa strategi marketing yang dapat dilakukan dengan anggaran minim berikut ini!

Strategi Pemasaran dengan Anggaran Minim

1. Perluas Referensi/Referral

strategi marketing

Salah satu cara terbaik untuk memasarkan adalah menghindari pemasaran sama sekali.

Artinya, Anda harus menciptakan sistem dimana pelanggan akan melakukan pemasaran dengan sendirinya.

Dengan kata lain, Anda perlu memperkuat pengaruh word of mouth dari pelanggan.

Pertimbangannya adalah, seseorang empat kali lebih mungkin untuk membeli produk ketika itu dirujuk oleh teman mereka.

Program rujukan tidak memerlukan biaya banyak.

Bahkan jika pandai menyusunnya, Anda mungkin tidak perlu mengeluarkan uang sama sekali.

Anda bisa menawarkan diskon pada pelanggan sebagai imbalan referensi pelanggan baru.

2. Siaran Pers dan Fitur Berita

Faktanya, orang-orang masih membaca berita atau artikel secara teratur.

Jika Anda memiliki sesuatu yang layak untuk dilaporkan, seperti produk baru dan unik, sebagian besar media akan dengan senang hati meliputnya.

Siaran pers adalah cara mudah dan murah untuk mendapatkan awareness publik terhadap bisnis Anda.

Baca Juga:

Tetap Jaga Fokus, Ini 7 Tips Menghadapi Tantangan Bisnis Tahun 2020!

3. SEO

strategi marketing

Jika teknik pemasaran Anda melibatkan artikel dalam blog, maka jangan lupa berinvestasi dalam meningkatkan optimasi mesin pencari Anda (SEO).

Secara teknis, aplikasi SEO memang tampak rumit.

Namun dengan rajin membaca dan ketekunan, Anda pasti dapat memahaminya dengan lebih baik.

Anda akan menggunakan alat online seperti Moz’s Keyword Explorer untuk mengidentifikasi kata kunci yang relevan.

Sehingga dapat menarik lalu lintas tinggi ke website Anda dengan persaingan rendah.

Percayalah manfaat jangka panjang dari aplikasi SEO akan sangat besar bagi usaha Anda.



4. Pemasaran Konten

Pemasaran konten, atau lebih sering dikenal sebagai content marketing, ada banyak bentuknya.

Bentuk paling sederhana adalah dengan membuat akun media sosial untuk bisnis Anda dan rutin memasukkan konten ke dalamnya.

Anda bisa menambahkan konten setiap beberapa kali dalam seminggu, atau bahkan setiap hari.

Informasinya bisa dari hal-hal informatis, mengulas produk, ataupun sekedar hiburan bagi pembaca.

Infografis, video, dan podcast pun termasuk dalam kategori pemasaran konten.

Ini akan membantu untuk meningkatkan reputasi merek dan meningkatkan lalu lintas pengunjung Anda.

5. Personal Branding

strategi marketing

Personal branding adalah strategi mempromosikan diri dan keahlian Anda di media sosial.

Sehingga kemudian Anda dapat mengarahkan pengikut prbadi untuk berpindah ke akun usaha.

Ini akan menjadi sumber lalu lintas dan minat baru yang terpisah dari branding perusahaan.

Untuk menerapkan ini, pastikan terlebih dahulu bahwa sebagai individu Anda memiliki cukup kekuatan untuk memengaruhi orang lain.

6. Forum dan Kelompok

Sebagai pemilik usaha, Anda tidak boleh ansos.

Jangan meremehkan kekuatan kelompok yang ada di forum publik dan media sosial.

Bergabunglah dengan kelompok yang trend di daerah Anda agar dapat memetakan selera pasar.

Perluas jaringan sosial Anda sebagai bekal menjalani usaha.

Semakin terlibat Anda dengan suatu komunitas, maka semakin besar kesempatan untuk mendapatkan target audiens.

7. Iklan di Media Sosial

strategi marketing

Jika Anda memiliki budget untuk promosi, sebaiknya sisihkan untuk memasang iklan di media sosia.

Beberapa media sosial kini telah menawarkan jasa promosi bagi para pengguna bisnis, misalnya saja instagram dan facebook.

Layanan ini tersedia mulai dari Rp10 ribu per hari, dan dinyatakan mampu menjangkau puluhan hingga ratusan audiens baru.

Meski efeknya berbeda pada setiap bisnis, melalui strategi ini setidaknya Anda berusaha untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Baca Juga:

Baca Juga:

Mau Franchise Bisnis Es Kopi Susu Kekinian? Modalnya Mulai Rp7 Jutaan Saja, Lho!

Semoga informasinya bermanfaat ya Sahabat 99..

Jangan lupa kunjungi situs berita properti Blog 99 Indonesia untuk melihat artikel menarik lainnya.

Temukan hunian impian Anda di 99.co/id!



Hanifah

Hanifah adalah seorang penulis di 99 Group sejak tahun 2020. Lulusan Jurnalistik UNPAD ini fokus menulis tentang properti, gaya hidup, marketing, hingga teknologi. Di waktu senggang, ia senang menghabiskan waktu untuk kegiatan crafting dan membaca.
Follow Me:

Related Posts