Cara menulis subject email lamaran kerja perlu diperhatikan secara mendetail. Bagaimana langkah-langkahnya? Simak uraian berikut ini, yuk!
Di era serbacanggih seperti sekarang, melamar pekerjaan tidak selalu mengharuskan seseorang untuk mendatangi tempat perusahaan atau kantor secara langsung.
Mengirimkan lamaran kerja via email menjadi salah satu pilihan terbaik sekaligus efisien karena bisa menghemat waktu dan tenaga.
Tidak hanya itu, perusahaan dan pelamar juga sama-sama diuntungkan.
Misalnya, bagian HRD perusahaan dapat mengurangi surat lamaran dalam bentuk kertas sekaligus memudahkan proses seleksi.
Di sisi lain, pelamar juga diuntungkan karena cara ini lebih cepat nan praktis.
Ya, cukup bermodal laptop atau komputer ditambah koneksi internet, surat lamaran bisa langsung terkirim.
Akan tetapi, ketika mengirimkan email lamaran kerja, kamu harus memerhatikan sejumlah bagian penting.
Selain isi body email lamaran pekerjaan, satu hal tak kalah krusial adalah perihal cara menulis subject email lamaran kerja yang benar.
Melansir berbagai sumber, berikut langkah-langkahnya.
Cara Menulis Subject Email Lamaran Kerja
Subject email lamaran kerja mesti memuat informasi yang membuat penerima atau HRD bisa menangkap maksud email yang dikirim.
Maka dari itu, pelamar harus menuliskan subject lamaran kerja pada email secara singkat dan jelas.
Kamu bisa menuliskan posisi pada subject email, misalnya “Lamaran untuk Posisi Content Writer”.
Akan tetapi, perlu diingat pula bahwa terkadang pelamar juga diminta mencantumkan kode jabatan atau posisi tertentu.
Contoh dari kode jabatan yang dimaksud misalnya CT-01.
Tujuan mencantumkan kode ini agar penerima bisa mengetahui dan mengkategorisasikan jenis email yang masuk beserta posisi atau jabatan.
Nah, sebagai pelamar, kamu mesti teliti dalam membaca informasi lowongan pekerjaan dan jangan sampai salah menuliskan subject karena bisa berakibat penolakan atau tidak diterima.
Tips Menulis dan Mengirimkan Surat Lamaran Kerja via Email
Selain perihal subject, terdapat beberapa bagian yang juga mesti diperhatikan sebelum kamu mengirimkan email lamaran kerja.
1. Lokasi Surat Lamaran pada Email
Alih-alih dilakukan dengan cara melampirkan atau menyematkan attachment, umumnya perusahaan menginginkan surat lamaran atau cover letter ditulis di badan email.
Oleh karena itu, tulislah surat lamaran di body email agar HRD bisa langsung membacanya.
2. Jangan Menulis Resume di Badan Email
Jangan sekali-kali menulis resume di badan email karena tentunya bakal mengganggu HRD.
Sebaiknya, tulislah resume pada dokumen berformat Word dan sematkan pada lampiran (attachment).
3. Ukuran Dokumen
Perlu kamu ingat, usahakan agar ukuran dokumen yang dikirim tidak lebih dari 300 kb.
Jika terdapat foto tertentu berukuran besar, kamu bisa mengompresnya terlebih dahulu.
Misalnya dengan ubah ukuran foto secara online atau offline tetapi kualitas tetap terjaga.
4. Jenis File Attachment
Perhatikan sejumlah jenis file yang mesti dilampirkan pada attachment.
Secara umum, dokumen yang dikirim lewat attachment berbentuk Word, pdf, txt, dan lain sebagainya.
***
Itulah tips dan cara menulis subject email lamaran kerja, Property People.
Semoga bermanfaat, ya.
Yuk, baca ragam informasi menarik hanya di Berita.99.co.
Follow juga Google News kami agar tidak ketinggalan informasi terkini, ya.
Jangan lupa untuk mengunjungi laman www.99.co/id guna menemukan beragam rumah idaman dan properti lainnya.
Dapatkan pula berbagai promo dan diskon menggiurkan karena ternyata beli hunian emang #segampangitu.