Memasukkan nomor token listrik gagal 3 kali kesempatan dapat mengakibatkan permasalahan serius yang mesti segera diatasi. Yuk, simak penjelasan lengkapnya melalui artikel berikut!
Property People, mengisi token atau pulsa listrik harus dilakukan secara teliti.
Pasalnya, apabila kamu salah memasukkan token listrik dalam 3 kali kesempatan, dapat dipastikan listrik di rumah tidak bisa digunakan.
Maka dari itu, penting untuk mengetahui nomor token listrik agar tidak tertukar dengan nomor seri meteran.
Sebagai informasi, nomor token listrik memiliki ciri-ciri yang mudah dikenali.
Supaya terhindar dari kesalahan tersebut, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu ciri-ciri nomor token listrik.
Adapun ciri-ciri nomor token listrik adalah sebagai berikut:
- Terdiri dari 20 digit angka tidak beraturan
- Terdapat spasi pada 4 digit angka
- Ada keterangan nomor token listrik ketika membelinya
Lantas, bagaimana jika token listrik gagal 3 kali?
Apabila kamu gagal memasukkan token listrik tiga kali, nomor token tersebut akan hangus dan tidak bisa digunakan lagi.
Penyebab Token Listrik Gagal 3 Kali
Ketika memasukkan token listrik dan kamu mengalami gagal sebanyak 3 kali, terdapat beberapa penyebab yang bisa jadi berpengaruh, Property People. Apa saja?
1. Server PLN sedang Eror
Hal yang memungkinkan terjadinya kegagalan dalam memasukkan token listrik adalah gangguan dari pihak PLN.
Oleh karena itu, satu-satunya solusi yang bisa kamu lakukan adalah menunggu sampai dengan server PLN kembali normal.
2. Salah ID Meter ketika Membeli Token Listrik
Penyebab gagal memasukkan token listrik selanjutnya adalah terjadinya kesalahan ketika memberikan ID meter saat kamu membeli token listrik.
Pasalnya, token yang telah dibeli bakal terhubung secara otomatis dengan ID meter.
3. Pemasangan Instalasi Listrik yang Salah
Bisa jadi pemasangan instalasi listrik yang salah menyebabkan terjadinya kesalahan dalam proses memasukkan token listrik.
Solusinya, kamu mesti menghubungi kantor PLN terdekat dan membeberkan apa yang dialami.
4. Batas Meteran Listrik Over Limit
Penyebab token listrik gagal 3 kali yang lainnya dikarenakan batas meteran kWh over limit.
Apabila dalam satu bulan jumlah yang telah dimasukkan melebihi batas maksimal, token yang dimasukkan bakal gagal.
5. Terjadi Masalah pada Meteran Listrik
Untuk kamu ketahui, tanda-tanda meteran listrik bermasalah adalah adanya tulisan periksa, cancel, blocked, sampai dengan tiba-tiba mati.
6. Salah Memasukkan Token Listrik
Penyebab token listrik gagal salah satunya dikarenakan adanya kesalahan dalam memasukkan nomor token.
Secara umum, kesalahan ini sering kali menjadi penyebab utama yang dialami masyarakat.
Bagaimana jika Token Listrik Gagal 3 Kali?
Lantas, apa akibatnya jika kita memasukkan token listrik dan salah dalam 3 kali kesempatan?
Seperti yang telah dibahas, token listrik gagal 3 kali berturut-turut mengakibatkan meteran listrik bakal diblokir.
Maka, ada baiknya ketika akan memasukkan pulsa token listrik, pastikan supaya nomor yang kamu tekan telah benar dan sesuai.
Pasalnya, cara mengisi token listrik bisa dilakukan sendiri secara mudah apabila mengikuti petunjuk yang telah ditentukan.
Cara Mengatasi Token Listrik Gagal 3 Kali
Untuk mengatasi jika token listrik gagal 3 kali ketika hendak memasukkan 20 digit angka yang telah didapat, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.
1. Menghubungi Call Center PLN
Cara mengatasi meteran diblokir lantaran 3 kali gagal input token adalah dengan menghubungi call center PLN di nomor layanan 123.
Akan tetapi, apabila menggunakan ponsel, kamu perlu terlebih dahulu memasukkan kode area:
- Siapkan ponsel dan pastikan telah tersedia pulsa untuk biaya panggilan.
- Tekan “kode area + 123”.
- Setelah terhubung, sampaikan keluhan bahwa meteran listrik di rumah kamu diblokir karena gagal 3 kali input token.
- Ikuti instruksi petugas PLN untuk mengatasi permasalahan yang kamu hadapi.
2. Hubungi Media Sosial PLN
Seandainya cara pertama cukup sulit lantaran berbagai faktor, solusi mengatasi token listrik gagal terus yang dapat kamu terapkan adalah dengan memanfaatkan media sosial PLN untuk mengutarakan keluhan.
Terdapat beberapa akun media sosial resmi milik PLN yang bisa kamu pilih, mulai dari Facebook, Twitter, atau bahkan Instagram.
Facebook: PLN 123
Twitter: @pln_123
Instagram: pln_id atau pln123_official
Situs: pln.co.id
3. Kirim Email Keluhan
Pilihan lain untuk mengatasi meteran listrik yang terblokir adalah dengan mengirimkan email keluhan ke alamat [email protected].
Pertama-tama, kamu harus masuk ke akun email pribadi dan tulis keluhan perihal permasalahan yang kamu alami.
Setelah dirasa selesai, kirim email tersebut ke alamat resmi PLN.
4. Mendatangi Kantor PLN Terdekat
Jika ketiga cara di atas tidak mendapatkan respons yang diharapkan, kamu bisa langsung mendatangi kantor PLN terdekat yang berada di wilayahmu.
Adapun langkah-langkah yang perlu kamu lakukan ketika mendatangi kantor PLN sebagai berikut:
- Datang dan temui petugas yang berjaga di kantor terdekat.
- Sampaikan tujuan atau permasalahan yang kamu alami bahwa meteran listrik diblokir karena salah memasukkan nomor token 3 kali beruntun.
- Petugas akan memberikan solusi dan jika diperlukan bakal mendatangi rumahmu untuk memperbaiki meteran listrik.
5. Melalui PLN Mobile
Cara ketika kamu gagal memasukkan token listrik adalah dengan memanfaatkan aplikasi PLN mobile.
Berikut adalah langkah-langkahnya:
- Unduh dan pasang aplikasi PLN mobile di ponsel milikmu.
- Lakukan registrasi dengan memasukkan data yang diperlukan.
- Ketuk menu “Pengaduan”.
- Pilih jenis keluhan yang hendak kamu ajukan.
- Ikuti instruksi yang diperintahkan.
- Selesai.
***
Itulah bahasan mengenai permasalahan token listrik yang diblokir lantaran salah dalam memasukkan nomor token.
Semoga ulasannya bermanfaat, Property People.
Baca ulasan menarik lainnya hanya di Berita.99.co..
Agar tidak ketinggalan informasi, jangan lupa ikuti Berita 99.co di Google News.
Kalau sedang mencari hunian, dapatkan rekomendasi terbaiknya di www.99.co/id.